Peningkatan Kosakata Bahasa Jerman Melalui Penggunaan Media Cerita Pendek
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/interference.v2i1.20128
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Achmad, A. K., Saleh, N., Usman, M., & Syaputra, A. F. (2019, November). Media Moodle dalam Pembelajaran Menulis Forumsbeitrag Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman. In Seminar Nasional LP2M UNM.
Aeni, E. S., & Lestari, R. D. (2018). Penerapan metode mengikat makna dalam pembelajaran menulis cerpen pada mahasiswa IKIP Siliwangi bandung. Semantik, 7(1).
Ahmad, R. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: PT. Rinaka Cipta
Angreany, F., Saleh, N., & Mannahali, M. (2021, March). YouTube-Based Audio Visual Media in German Listening Learning. In International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT).
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Jakarta Persada.
Djiwandono, M. Soenardi. (2008). Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pelajar Bahasa. Jakarta: Balai Pustaka.
Febrina, L., & Basri, I. (2013). Kontribusi Minat Baca Cerpen dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X MAN 1 Padang. Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 1(1).
Hasrar, H., Dalle, A., & Usman, M. (2018). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif Bahasa Jerman Siswa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2(2).
Ismiyanti, R., & Muddin, M. (2017). Korelasi Antara Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman Dengan Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(1).
Lado, S. F., Fadli, Z. A., & Rahmah, Y. (2016). Analisis struktur dan nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerpen ten made todoke karya yoshida genjiro. Japanese Literature, 2(2), 1-10.
Mansyur, U. (2018). Pemanfaatan Nilai kejujuran dalam Cerpen sebagai Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter.
Mulyana, E.. “ Pengembangan Media Pembelajaran Cerpen Kimia untuk SMA/MA Kelas XI Semester 1”, h. 72. http://digilib.uin-suka.ac.i/6349/1/ BAB/ DAFTAR/PUSTAKA.pdf. (6 Desember 2016)
Nuraina, D., & Saleh, N. (2017). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 2 Kabupaten Majene. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2).
Setiyono,P. (2017). Keefektifan Media Sinematisasi cerita pendek Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Menyusun teks Cerita pendek Pada SMP kelas VII.Skripsi.Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. (1997). Statistik untuk penelitian. Bandung: CV Alfabeta
Syaputra, A. F., Mantasiah, R., & Rijal, S. (2021, March). Web-Based Mentimeter Learning Media in Learning German Writing Skills. In International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT).
Tarigan. (2011). Pengajaran Kosakata.Bandung:Angkasa Santoso, Gempur.2005. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Prestasi Pustaka
Zulfikar, Z., & Azizah, L. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ma Negeri 1 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2).
Article Metrics
Abstract view : 1295 times | PDF view : 285 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.