Improving Science Learning Outcomes Using Models Snowball Throwing Type Cooperative Learning On Class V Students Of SDN 221 Inpres Maliba Tana Toraja District

Wahyuni Wahyuni(1), Muhammad Faisal(2), Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijest.v3i2.44155

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball pada siswa kelas V SDN 221 Inpres Maliba Kabupaten Tana Toraja. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas V SDN 221 Inpres Maliba Kabupaten Tana Toraja. Instrumen pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa. Masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu; tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan, evaluasi, serta refleksi. Data hasil penelitian yang telah diolah dan dianalisis diperoleh keterangan, bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan materi Rumah Adat Di Indonesia Dan Keragaman Pakaian Adat Di Indonesia, dengan diterapkannya model pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing di kelas V SDN 221 Inpres Maliba telah mengalami peningkatan terbukti diperoleh data dari hasil  pembelajaran siklus I siswa mendapat nilai 70,8 persen. Sedangkan hasil pembelajaran siklus II siswa mendapat nilai 95,8 persen. Data tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Snowball Throwing


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, M. (2015). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. PT. Rineka Cipta.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi). (Sajidan & R. Mohandas, Eds.). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. http://repositori.kemdikbud.go.id/11316/1/01._Buku_Pegangan_Pembelajaran_HOTS_2018-2.pdf

Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Fauzi, H. (2017). Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Snowball Throwing. Http://Wawasanpendidikan.Com/. http://wawasanpendidikan.com/ pengertian-dan-langkahlangkah- model-pembelajaran-snowball-throwing/ 14 November 2017.

Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Bumi Aksara.

Hasan, H. (2015). Pendidikan Ilmu Sosial.

Isjoni. (2016). Cooperatif Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Alfabeta.

Kasim, A. R., Pakaya, A. R., & Laliyo, L. A. R. (2021). Desain Pembelajaran Cooperative Script pada Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 6 Gorontalo. Normalita (Jurnal Pendidikan), 9(2).

Lie, A. (2017). Cooperatif Learning: Mempraktekkan Cooperatif Learning di. Ruang-Ruang Kelas. Gramedia.

Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.

Shoimin, A. (2017). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-ruzz Media.

Sudjana, N. (2017). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo.

Sumantri, M. (2018). Psikologi Pendidikan. UT. Purwanto.

Supardi, A. (2015). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Cava Media.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Suprijono, A. (2016). Cooperatif Lerning Teori & Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Susanti, A. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Mapel PAI Materi Pokok Puasa Sunnah Semester Ganjil Kelas VII SMPN 23 Mijen Semarang Tahun Ajaran 2013/2014.

Susanto, A. (2017). Teori Belajar & Pembelajaran. Prenada Media Grup.

Trianto. (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka.

Tusriyanto, T. (2017). Pembelajarn IPS Berbasis Research. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 58–68.

Wasliman, I. (2015). Problematika Pendidikan Dasar. Modul Pembelajaran Mahasiswa Pasca Sarjana Pendidikan Indonesia.

Widodo, R. (2016). Model Pembelajaran Snowball Throwing. Bumi Aksara.

Zaini, M., & Aryani. (2016). Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD.


Article Metrics

Abstract view : 47 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wahyuni Wahyuni, Muhammad Faisal, Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

International Journal of Elementary School Teacher

ISSN 2776-6233 (online)
Email: [email protected]

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Start Counter