The Effect Of Network Learning On Students' Learning Motivation During The Covid-19 Pandemic At UPTD SDN 146 Barru Mallusetasi District, Barru Regency
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ijest.v2i2.30909
Abstract
References
Ahmed, R. (2018). Effects of online education on encoding and decoding process of students and teachers. MCCSIS 2018 - Multi Conference on Computer Science and Information Systems; Proceedings of the International Conferences on e-Learning 2018, 2018-July, 42–48.
Alaby, M. A. (2020). Media sosial whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh mata kuliah ilmu sosial budaya dasar (ISBD). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(2), 273-289.
Astini, N. K. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13- 25.
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Azwar. (2012). Metode Penelitian: Yogyakarta. Pustaka pelajar
Bilfaqih, Y., & Qomaruddin, N. M. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Deepublis publisher.hal.97
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.
https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas whatsapp sebagai media belajar daring. Jurnal Basicedu, 4(4). doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v 4i4.445
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) Selama Pandemi Covid 19 Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) … .. 8(1), 496–503.
Hayati, S. (2017). Belajar dan pembelajaran berbasiskooperatif. Graha Cendekia.
Hikmiyah, S. N., & Burhanuddin, H. (2020). Konsep motivasi belajar di masa pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 02, 85–100.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/
Kamayanthy, D. Y. (2020). Analisis Pembelajaran Menggunakan Edmodo Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XII DPIB di SMKN 1 Majalengka Tahun Ajaran 2020-2021. Univeritas Pasundan.
Kemenristekdikti. (2019). Panduan Proses Pembelajaran Daring SPADA 2019. Panduan Kementrian ristekdikti, Volume ket, 1–39.
Kusuma, Wijaya. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks, 67
Linawati.(2014), Pengaruh Motivasi Kerja Instrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia, Jurnal Kinerja, Vol.18,No.1, hal 81-91
Mather, M., & Sarkans, A. (2018). Student Perceptions of Online and Face-to-Face Learning conditions of the Creative Commons Attribution license (CC BY-NC-ND). International Journal of Curriculum and Instruction, 10(2), 61–76.
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Putri, S. R., & Santoso, P. B. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, PSycology, and Counseling, 2(1), 1-12.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4).
Rahmawati, Rima. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Piyungan pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: UNY.
Riyana, C. (n.d.). Konsep Pembelajaran Online.
Sobron, A. ., Bayu, Rani, & S, M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Abstrak. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship,1(1),1–5. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/204/136
Sugiono, Prof, Dr. 2010. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiono. (2014). metode penelitian administrasi. Alfabeta.
Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Uno. (2011. Teori Motivasi dan Pengukuran , Jakarta: umi Aksara Bandung PT Remaja Rosdaku Karya.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462
Article Metrics
Abstract view : 80 times |Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nurfajriani Baharuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
International Journal of Elementary School Teacher
ISSN 2776-6233 (online)
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.