Pelatihan Platform Baamboozle untuk Evaluasi Hasil Belajar di SMAN 13 Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(2) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(3) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(4) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(5) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v24i1.73183
Abstract
Abstrak: PKM ini bertujuan untuk menambah wawasan guru di SMAN 13 Makassar dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi dengan menggunakan media Baamboozle pada proses evaluasi belajar terhadap pesertadidik. Permasalahanyang dihadapi adalah : (1) Keterampilan digital guru di SMAN 13 tergolong masih rendah sehingga pelaksanaan evaluasi hasil pembelajaran lebih banyak dilakukan dengan pemberian tugas secara konvensionaldenganmenggunakankertas dan manual atauviawhatsapp.
(2) GuruSMAN 13 belum menguasai penggunaan media Baamboozle dalam prosesevalusipembelajaran.Olehkarenaitu,dilakukanpengabdian kepada masyarakat berupa Pelatihan penggunaan media Baamboozle untuk evaluasi hasil belajar. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode ceramah, demonstrasi dan tanya jawab terhadap hasilworkshop.HasilnyamenunjukkanguruSMAN 13 Makassarmenguasai penggunaan Baamboozle dalam proses evaluasi pembelajaran
Abstract:ThisPKMaimstoaddinsighttoteachersofSMAN 13 Makassarinutilizingtechnology-basedlearning media byusingthe Quizizz application to the learning evaluation process for students. The problems faced are : (1) The digital skills of teachers at SMAN 13 Makassarl are still low, so that the evaluation of learning outcomes is mostlydonebygivingassignmentsconventionallyusingpaperorvia WhatsApp.(2)SMAN 13teachershavenotmasteredusingBaamboozle in the learning evaluation process. Therefore, community service is carriedoutintheformofworkshopsusingtheBaamboozleapplicationto evaluate learning outcomes. This community service is carried out using lecture methods, demonstrations and evaluation of the results of the workshop.Theresultsshowthat SMAN 13teachersmaster the use of Baamboozle in the learning evaluation process.
Full Text:
PDFReferences
Campbell. (2008). The University and the Public Good: A Commitment to Community Engagement. New Directions for Higher Education.
Febriana, R. (2021). Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Aksara.
Gunawan, I. G. (2020). Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyongsong Era Society
0. Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP, (pp. 15-30). Palangka Raya.
Indonesia, B. R. (2005, Desember 30). Undang-Undang (UU) No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Retrieved from Database Peraturan: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005
Kadarisman, M. (2017). Tantangan Perguruan Tinggi dalam Era Persaingan Global. Sociae Polites.
Mukharomah, N. (2021). Penggunaan Aplikasi Quizizzz sebagai Media Penilaian Berbasis Daring di MI Al Muqorrobiyah. Waniambey, 2(1), 12-20.
Nurmaya, A. L. (2021). Analisis Evaluasi Pembelajaran Daring (Online) Sekolah. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 80-85.
Rofiq, A. A. (2022). Media Quizizzz Mampu Mengatasi Kejenuhan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 101-112.
Ramadhani, K. P. (2022). Penggunaan Aplikasi Quizizzz sebagai Media Pembelajaran dan Asesmen pada Materi Bahasa Inggris. Abdi Humaniora.
Supriadi, N. (2021, April). Penerapan Aplikasi Quizizzz dalam Pembelajaran Daring di Era
Covid-19. Jurnal Cakrawala Mandiri, 5(1), 42-51.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Alfabeta ed.). Bandung.
Wahyono, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penilaian Hasil Belajar pada Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4.0. Proceeding of Biology Education, (pp. 192-201).
Zahwa, F. A. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(1), 61-78.
Article Metrics
Abstract view : 52 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Amirullah Amirullah, Patahuddin Patahuddin, Fitra Widya Wati, Rusmala Dewi Kabubu, Oschar Sumardin
License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
DITERBITKAN OLEH:
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Makassar
Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.
Telepon 082395232077
E mail: humanis01jurnal19@gmail.com
DIINDEKSIKAN OLEH
DILISENSI OLEH:
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .