PKM Peningkatan Kompetensi Pedagogik tentang Penerapan Teori Belajar dalam Pembelajaran Bagi Guru PPKn SMP/MTs Di Kabupaten Barru

Firman Umar(1*), Muhammad Akbal(2), Mustari Mustari(3), Muhammad Rasyid Ridha(4),

(1) Dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FISH UNM
(2) Dosen PKn FIS-H UNM
(3) Dosen PKn
(4) Dosen Pendidikan Sejarah dan IPS
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v20i2.25881

Abstract


Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKn SMP/MTs. Masalahnya adalah: (1) kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi peningkatan profesionalisme guru dengan pembiayaan pemerintah dan/atau pemerintah daerah frekuensinya sangat terbatas; (2) inovasi pembelajaran yang diterapkan mitra di masing-masing sekolah masih terbatas. Metode yang digunakan adalah: ceramah, diskusi, tanya jawab, pendamping mitra dan demonstrasi. Hasil yang dicapai adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan mitra tentang penerapan teori-teori belajar dalam kegiatan pembelajaran, mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.

Kata kunci: kompetensi pedagogik, toeri-teori belajar

Abstrac: The partner of this Community Partnership Program (PKM) is the Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKn SMP/MTs. The problems are: (1) the frequency of education and training activities for increasing teacher professionalism with government and/or local government funding is very limited; (2) learning innovations implemented by partners in each school are still limited. The methods used are: lecture, discussion, question and answer, partner companion and demonstration. The results achieved are increased knowledge and skills of partners regarding the application of learning theories in learning activities, starting from preliminary activities, core activities and closing activities.

Keywords: pedagogic competence, learning theories


Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Danim, S. (2012). Pengembangan Profesi Guru. Prenada Media.

Dian Mahsunah, dkk. (2012). Bahan Ajar PLPG: Kebijakan Pengembangan Kompetensi Guru-Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan-Penjamin Mutu Pendidikan (PSDMPK-PMP)

Komisi Perlindungan Anak (KPAI). (2021) Survei Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Sistem Penilaian Jarak Jauh Berbasis Pengaduan KPAI

Soetjipto dan Kosasi. (1999). Profesi Keguruan. Jakarta. PT: Rineka

Cipta

Hasnawati, dkk. (2019). Model Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) dengan Pendekatan Saintifik

Schmidt, D. A., Baran, E., Thompson, A. D., Mishra, P., Koehler, M. J., & Shin, T. S. (2009). Technological pedagogical content knowledge (TPACK) the development and validation of an assessment instrument for preservice teachers. Journal of research on Technology in Education, 42(2), 123-149.


Article Metrics

Abstract view : 116 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Firman Umar, Muhammad Akbal, Mustari Mustari, Muhammad Rasyid Ridha

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .