Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Vii Berbasis Aplikasi Comic Life Di SMPN 33 Makassar

Sri Rezky Ananda(1*),

(1) State University Of Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v20i2.24034

Abstract


 

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk a) Mengembangkan media e-comic pada materi pada mata pelajaran Matematika kelas VII di SMPN 33 Makassar, b) Mengetahui kelayakan media e-comic pada mata pelajaran Matematika kelas VII di SMPN 33 Makassar. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (dissemination). Pada pengembangan ini tidak sampai pada tahap penyebaran (dissemination) karena adanya beberapa keterbatasan peneliti. Media pembelajaran ini divalidasi oleh 6 orang ahli dan dinilai oleh 1 orang guru serta pengujian dilakukan dengan 2 tahap uji coba. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah a) berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model 4D dengan tahap pertama pendefinisian (define) yaitu analisis awal-akhir, analisis peserta didik, analisis konsep dan tugas, analisis isi program, tahap kedua tahap perancangan (design) yaitu penyusunan alur cerita, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal, tahap ketiga pengembangan (develop) yaitu perancangan yang telah dilakukan kemudian dikembangkan sesusai dengan komik elektronik dan telah di validasi oleh 6 orang ahli dan 1 orang guru yang dan diperoleh dari uji validasi ahli materi didapatkan kualifikasi  layak dan ahli media dengan kualifikasi layak, b) hasil uji coba peserta didik  kualifikasi sangat baik.

Abstract: This research is a development research that aims to a) Develop e-comic media on the material in the VII grade Mathematics subject at SMPN 33 Makassar, b) Determine the feasibility of e-comic media in the VII grade Mathematics subject at SMPN 33 Makassar. The type of research used in this research is R&D and the development model used in this research is the 4D model, namely definition, design, development and dissemination. This development did not reach the dissemination stage due to several limitations of the researcher. This learning media was validated by 6 experts and assessed by 1 teacher and the test was carried out with 2 trial stages. The analytical technique used is a quantitative analysis technique. The results of this study are a) based on the results of research using a 4D model with the first stage of definition, namely early-late analysis, student analysis, concept and task analysis, program content analysis, the second stage of the design stage, namely the preparation of the storyline. , media selection, format selection, and initial design, the third stage of development (develop), namely the design that has been carried out and then developed according to electronic comics and has been validated by 6 experts and 1 teacher and obtained from the material expert validation test qualifications appropriate and media experts with proper qualifications, b) the results of the trial of qualified students are very good.


Keywords


pengembangan,Komik,matematika

Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana.

Septy A., Suharto and Hobri, 2015 " Pengembangan E-Comic Matematika Berbasis Teknologi Sebagai Suplemen Pembelajaran Pada Aplikasi Fungsi Kuadrat, vol. 9, no. 1.

Alan Prabowo. 2010. "Memahat Karakter Pembelajaran Matematika," in Proceding Of The 4th International Conference on Teacher Education, Bandung.

Sugiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 359 times | PDF view : 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sri Rezky Ananda

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .