PELATIHAN SWOT DAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA UKM KERIPIK KERE DI KABUPATEN KUNINGAN

Robi Awaluddin(1*),

(1) Universitas Kuningan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v20i1.22455

Abstract


Keripik kere merupakan makanan khas dari Kuningan yang saat ini meskipun telah memiliki PIRT dan Halal masih harus dipetakan potensi dan tantangannya dengan SWOT dan Business Model Canvas agar jalannya bisnis lebih optimal, maju dan memiliki strategi yang utuh. Program pengabdian pada masyarakat ini dikolaborasikan dengan kegiatan Program Pengalaman Lapangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Kuningan pada bulan februari 2021 dengan hasil UKM Keripik kere yang telah berdiri selama 5 tahun meskipun telah memiliki PIRT dan Halal dari MUI serta beberapa reseller masih harus dioptimalkan lagi dalam hal pemetaan potensi SWOT dan Business Model Canvas nya. Memanfaatkan peluang dengan model pemasaran yang lebih aktif dan inovasi produk dalam varian rasa dan kemasan merupakan salah satu output dari pendampingan pemetaan SWOT dan BMC sebagai value prepositions dan penambahan serta pengoptimalan channel dalam online marketing baik di marketplace shopee, Tokopedia dan di social media baik di Instagram dan facebook perlu dilakukan dengan Teknik marketing yang baik perlu dilakukan untuk mendongkrak pemasaran dan memenuhi kebutuhan pasar akan permintaan keripik kere yang terus meningkat.


Keywords


UKM, Keripik Kere, SWOT, BMC

Full Text:

PDF

References


Alexander Osterwalder, Y. P. (2010). Business Model Generation. John Wiley & Sons, Inc.

Anandha S, R. (2018). Analisis swot untuk strategi pengembangan modal usaha dalam mempertahankan profitabilitas umkm delicious, nacia & sas di kota batu.

Anggraeni, P., Mawardi, M. K., Administrasi, F. I., & Brawijaya, U. (n.d.). Analisis swot pada umkm keripik tempe amel malang dalam rangka meningkatkan daya saing perusahaan. 43(1).

Awaluddin, R. (2020). STRATEGI MENINGKATKAN DAYA SAING EKONOMI PRODUK UMKM DAN WISATA BERBASIS DIGITAL BUSINESS DI DESA CIHIRUP, KECAMATAN CIAWIGEBANG, KABUPATEN KUNINGAN. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 01(01), 38–47. https://doi.org/10.46306/jabb.v1i1.5

Devi Lastina, T. S. (2019). Peningkatan Produktivitas Pemasaran Umkm Catering Mpok Atiek Dengan Pendekatan Business Model Canvas Dan Analisis Swot. Dinamika Teknik, 11(2), 44–53.

Herudini, Ani Rakhmanita, Desy Tri, A. (2020). Analisa SWOT untuk Perumusan Strategi Usaha Bimbingan Belajar Berskala UMKM. 43–51.

Rumangkit, S., Wibasuri, A., Saputra, M., Badri, R. E., Fadila, K., & Informatika, I. (n.d.). SAMPAH BAGI HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN ( HIMA MANAJEMEN ) IIB DARMAJAYA. HUMANIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7–13.

Sari, D. A., & Suprapto, R. (2019). Strategi Peningkatan Daya Saing Umkm Pengolahan Ikan Melalui Analisis Swot. Stability: Journal of Management and Business, 1(2). https://doi.org/10.26877/sta.v1i2.2857

Sianturi, R. D. (2020). Manajemen Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada UMKM Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. 1(1), 45–50.


Article Metrics

Abstract view : 466 times | PDF view : 1015 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Robi Awaluddin

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .