Pendampingan Persiapan Kompetensi Sains Nasional (KSN) Tingkat Provinsi Di SMAN Modal Bangsa Arun Aceh

Mellyzar Mellyzar(1*),

(1) Universitas Malikussaleh
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v20i1.19192

Abstract


Pelaksanaan pengabdian ini secara umum bertujuan untuk mempersiapkan siswa menghadapi Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Provinsi. Dari hasil diskusi tim pelaksana pengabdian dengan pihak sekolah, saat ini yang diperlukan adalah pengajar yang dapat memotivasi serta menguasai bidang KSN secara spesifik dan mengharapkan adanya kerjasama dosen Universitas Malikussaleh untuk bidang Kimia, Fisika dan Kebumian. Metode yang digunakan adalah metode kuliah dan metode diskusi. Metode kuliah dengan memberikan landasan konsep dan pemahaman yang mendalam bagi siswa tentang materi KSN dengan cara setiap pertemuan siswa akan diberikan beberapa soal serta model pemecahan masalahnya. Sedangkan diskusi dilakukan ketika siswa mengalami kesulitan atau kendala dalam menyelesaikan soal. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan mencapai tujuannya, terutama pada kemampuan penguasaan materi standar KSN yang dimiliki siswa mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dalam menganalisa soal-soal yang berkarakteristik KSN serta sistematika dalam menjawab soal. Pihak sekolah juga mengharapkan agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan.

Keywords


KSN, Kimia, Fisika, Kebumian

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, G., Rahajeng, R., & Sumadji, A. R. (2019). Pembinaan Olimpiade Sains Melalui Pemberdayaan Klub Matematika dan IPA Bagi Siswa SMP di Kota Madiun. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 350–358. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5667

Asrafil, & Rugayya, S. (2020). Pelatihan Siswa Peserta Olimpiade Sains Nasional Kebumian SMA Al-Azhar Madani Palu. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 51–56.

Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 81–88.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Ginting, F. W., Muliaman, A., Lukman, I. R., & Mellyzar, M. (2020). Analysis Of The Readiness Of Education Study Program Students To Become Pre-Service Teacher Based On Teacher Competency Standards. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 120–127. https://doi.org/10.22611/jpf.v9i2.20941

Jonassen, D. H. (2010). Learning to solve problems: A handbook for designing problem-solving learning environments. In Learning to Solve Problems: A Handbook for Designing Problem-Solving Learning Environments. https://doi.org/10.4324/9780203847527

Kemdikbud. (2019). Pengumuman Hasil OSP Tahun 2019. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Mellyzar. (2020). Penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Genta Mulia, 11(1).

Mellyzar, & Muliaman, A. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Ikatan Kimia. Lantanida Journal, 8(1), 40–52. https://doi.org/10.22373/lj.v8i1.642

Tajudin, N. M., Puteh, M., & Adnan, M. (2018). Guiding Principles to Foster Higher Order thinking skills in teaching and learning of mathematics. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(4.15), 195–199. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.15.21445

Wiyoko, T., Megawati, M., Aprizan, A., & Avana, N. (2019). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pembinaan Olimpiade Sains (OSN). Warta LPM, 22(2), 67–75. https://doi.org/10.23917/warta.v22i2.8619


Article Metrics

Abstract view : 301 times | PDF view : 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mellyzar Mellyzar

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .