Pemberdayaan Wirausaha Baru Melalui Pembentukan Bank Sampah Bagi Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen (HIMA Manajemen) IIB Darmajaya

Stefanus Rumangkit(1*), Anggalia Wibasuri(2), Muhammad Saputra(3), Rico Elhando Badri(4), Kurnia Fadila(5),

(1) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
(2) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
(3) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
(4) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
(5) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v20i1.19178

Abstract


Tim pengabdi melihat sebuah urgensi dimana diperlukan pendampingan serta pengarahan guna kemandirian bagi anggota aktif HIMA Manajemen guna menghasilkan sumber dana secara mandiri. Kegiatan yang dapat dilakukan yaitu dengan mengumpulkan serta mengolah sampah atau limbah yang masih bisa di daur ulang maupun yang tidak dapat didaur ulang menjadi sumber dana untuk mendukung kemandirian anggota aktif HIMA Manajemen dengan membentuk Bank Sampah. Metode yang dilakukan dapat meningkatkan pengetahuan anggota aktif HIMA Manajemen tentang sampah dan sistem pengelolaan Bank Sampah dengan tahapan kegiatan antara lain : Pada tahapan pra-pelaksanaan kegiatan yang dilakukan adalah dengan menjalin kemitraan dengan HIMA Manajemen IIB Darmajaya. Tahap Pelaksanaan: Program yang dilakukan selama periode PKM dengan bermitra kepada HIMA Manajemen IIB Darmajaya, yaitu: pertama, penyuluhan mengenai Bank Sampah. Kedua, pendampingan pembetukan kepengurusan Bank Sampah IIB Darmajaya. Ketiga, Pendampingan administrasi dan keuangan Bank Sampah. Keempat Pemaparan matrei mengenai pemanfaatan E-Commerce sebagai media penjualan online. Hasil kegiatan PKM ini adalah terbentuknya Bank sampah bagi  HIMA Manajemen IIB Darmajaya. Bank Sampah sangat berperan sebagai dropping point bagi produsen untuk produk dan kemasan produk yang masa pakainya telah usai sehingga sebagian tanggung jawab pemerintah dalam pengelolaan sampah juga menjadi tanggungjawab pelaku usaha sehingga dapat menyelesaikan masalah sampah secara terintegrasi dan menyeluruh sehingga tujuan akhir kebijakan Pengelolaan Sampah Indonesia dilaksanakan dengan baik.


Keywords


Bank Sampah, Profit, Sampah

Full Text:

PDF

References


Bachtiar, Hadhan. "Pengembangan bank sampah sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah (studi pada koperasi bank sampah Malang)." Jurnal Administrasi Publik 3.1 (2015): 128-133.

Novianty, Mita. "Dampak program bank sampah terhadap sosial ekonomi masyarakat di kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan." Welfare State 2.4 (2013): 222073.

Shentika, Prisa Ambar. "Pengelolaan bank sampah di Kota Probolinggo." Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan 8.1 (2016): 92-100.

https://www.unilever.co.id/id/Images/buku-panduan-sistem-bank-sampah-10-kisah-sukses-ina-id_tcm1310-514974_id.pdf (diakses pada tanggal 10 Juni 2020)

https://www.jojonomic.com/blog/bank-sampah/(diakses pada tanggal 10 Juni 2020)


Article Metrics

Abstract view : 213 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Stefanus Rumangkit, Anggalia Wibasuri, Muhammad Saputra, Rico Elhando Badri, Kurnia Fadila

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .