PKM Gerakan Literasi Keluarga (GLK) pada Ibu Rumah Tangga di Kampung KB Kelurahan Untia Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar sebagai Upaya Memutus Mata Rantai Penyebaran Virus Covid-19
(1) Fakultas Ilmu Sosial
(2) Fakultas Ilmu Sosial
(3) Fakultas Ilmu Sosial
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v19i2.14997
Abstract
Rendahnya budaya literasi bangsa Indonesia berbanding lurus dengan tingginya angka kemiskinan, sehingga dibutuhkan upaya penanggulangan kemiskinan yang diimbangi dengan program penyadaran masyarakat, utamanya yang terkait dengan literasi. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah, melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, adalah mencanangkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) yaitu Gerakan Literasi Sekolah, Gerakan Literasi Masyarakat, dan Gerakan Literasi Keluarga. Sebagai bentuk dukungan Perguruan Tinggi terhadap GLN, maka dipandang perlu untuk membantu mensosialisasikannya kepada masyarakat. Gerakan Literasi Keluarga menjadi fokus kegiatan PKM, karena di tengah Pandemi CO VID-19 aktivitas anggota keluarga banyak dilakukan di lingkungan rumah tangga.
Full Text:
PDFReferences
BKKBN. 2016. Tentang Kampung KB: Kampung KB Sebagai Wahana Pemberdayaan Masyarakat. Retrieved from http://kampungkb.bkkbn.go. id/about
Central Connecticut State University. 2017. World’s Most Literate Nations. Retrieved from: www.ccsu.edu/wmln/rank.html
Hasan, Sholihin. 2017. Puasa dan Budaya Literasi. Retrieved from NU Online (https://www.nu.or.id/post/read/78970/puasa-dan-budaya-literasi)
Idrus, Idham Irwansyah; Mario; Tamrin, Sopian. 2019. Technology Transformation of Fisherman Communities in Beba Galesong Utara. Atlantis Press, Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 383. 2nd International Conference on Social Science (ICSS 2019).
Juditha, Christiany. 2018. Interaksi Komunikasi Hoaks di Media Sosial serta Antisipasinya. Jurnal Pekommas Vol. 3 No. 1 pp 31-44.
Kemendikbud. 2015. Profil Direktorat Pembinaan Pendidikan Literasi dan Kesetaraan. Jakarta: Dirjen Paud dan Dikmas.
OECD. 2018. Indonesia-Country Note – Results from PISA 2015. Retrieved from OECD Website: https://www.oecd.org/ pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf
Samto, 2017. Literasi untuk Menghadapi Persaingan Global Abad 21. Inovasi Pendidikan: Bunga Rampai Kajian Pendidikan Karakter, Literasi, dan Kompetensi Pendidik dalam Menghadapi Abad 21. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Suswandari, Meidawati. 2018. Membangun Budaya Literasi bagi Suplemen Pendidikan Indonesia. Jurnal Dikdas Bantara Vo. 1 No. 1.
Suyanto, Bagong. 2013. Anatomi Kemiskinan dan Strategi Penanganannya. Malang: In-TRANS Publishing.
Tim Gerakan Literasi Nasional. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Tim Gerakan Literasi Nasional. 2017. Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Article Metrics
Abstract view : 482 times | PDF view : 77 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Idham Irwansyah Idrus
License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
DITERBITKAN OLEH:
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Makassar
Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.
Telepon 082395232077
E mail: humanis01jurnal19@gmail.com
DIINDEKSIKAN OLEH
DILISENSI OLEH:
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .