Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi

Andi Andi(1*), Jumardi Jumardi(2), Merina Merina(3),

(1) Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(2) Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(3) Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v19i1.11996

Abstract


Keberhasilan pembelajaran dapat dilihat melalui proses evaluasi, namun kendala yang sering dihadapi oleh guru dalam melaksanakan evaluasi adalah ketersediaan alat evaluasi bahkan bnetuk dan format yang seragam dari evaluasi, sehingga terkadang kurang sesuai dengan kondisi dan karakteristik peserta didik. Kemajuan yang terjadi dalam dunia teknologi komunikasi dan informasi memunculkan tantangan baru dalam dunia pendidikan. Di era globalisasi saat ini, kita tidak bisa menghindar dari kecanggihan teknologi yang semakin berkembang pesat. Salah satu acara mengatasi persoalan tersebut adalah dilakukannya workshop training mengenai Evaluasi pembelajaran berbasis TIK. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2019 di SMA Pondok Karya Pembangunan, ( Jakarta Islamic School ). Kegiatan ini diikuti oleh 25 Guru berbagai bidang studi. dan, dalam pelasanaan pengabdian ini juga melibatkan 4 orang mahasiswa semester 6 yang dimana mereka telah menempuh matakuliah evaluasi pembelajaran sebagai bekal mereka dalam Magang Tiga. Luaran kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dicapai berupa soal tes evaluasi yang menggunakan Aplikasi Kahoot dan menggunakan google form yang disesuaikan dengan guru mata pelajaran masing-masing


Keywords


Evaluasi, Teknologi Informasi, Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1999). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Bumi Aksara.

Hamid, M. A. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis TIK pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 37–46.

Ismail, I. L. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII A SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Negeri 1 Rantepao. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 1(2), 89–103.

Latuheru, J. D. (1988). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar masa kini. Jakarta: Depdikbud.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

No, U.-U. (20AD). Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Visimedia.


Article Metrics

Abstract view : 6434 times | PDF view : 527 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Andi Andi, Jumardi Jumardi, Merina Merina

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .