ANALISIS KINERJA GURU BERSERTIFIKAT DI SMA NEGERI 7 BULUKUMBA

Fadhilah Fadhilah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


This study is intended to describe the performance of certified teachers and factors that influence the SMA Negeri 7 Bulukumba. This type of research is qualitative research with data sources are principals, heads of administration, curriculum officers, certified teachers, and students. The techniques used in data collection are interviews, observation, and documentation. The data obtained were analyzed by qualitative descriptive analysis.

The results showed that the performance of certified teachers in SMA Negeri 7 Bulukumba was seen from the results of work, work efficiency, job satisfaction and work adaptation went well and the most prominent in improving the performance of certified teachers. This can be seen from certified teachers who have a performance in the success of learning, increasing the absorption of students is proven by the methods and media of learning. Factors affecting the performance of certified teachers in SMA Negeri 7 Bulukumba seen from internal and external factors, these two factors strongly support the implementation of the learning process well, it can be seen that the better the teacher's personality, the higher his dedication in carrying out his duties but the means and infrastructure is not sufficiently supportive, which prevents teachers from carrying out their duties.


Keywords


Teacher performance; certified teacher

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zaenal dan Suharyo Widagdo. “Studi Literatur Tentang Lingkungan Kerja Fisik Perkantoran”. Dalam Seminar Nasional V SDM Teknologi Nuklir Yogyakarta, 5 November 2009.

Alma., Mulyadi., Razati., & Nuryati. 2010. Guru Profesional (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar). Bandung: Alfabeta.

Aritonang, Keke T. “Kompensasi Kerja, Disiplin Kerja Guru dan Kinerja Guru SMP Kristen BPK Penabur Jakarta”. Dalam Jurnal Pendidikan Penabur No. 04/Th. IV/Juli 2005.

Anoraga, Pandji. 2006. Psikologi Kerja. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Azhar, Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Barnawi, & Mohammad Arifin. 2012. Instrumen pembinaan, Peningkatan, & Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Danim, Sudarwan & Suparno. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan: Visi dan Strategi Sukses Era Ternologi, Situasi Krisis, dan Internasional Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2013. Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media.

Damay, Denidya. 2012. Panduan Sukses Sertifikasi Guru: Jurus-Jurus Jitu Lolos Sertifikasi. Yogyakarta: Araska.

Direktorat Tenaga Kependidikan. 2008. Administrasi dan Pengelolaan Sekolah. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Ditjen PMPTK, Depdiknas.

Depdiknas, 2010. Pedoman Sertifikasi Guru dalam Jabatan Jakarta : Depdiknas.

_________, 2006. Bunga Rampai Keberhasilan Guru Dalam Pembelajaran (SMA, SMK Dan SLB). Jakarta : Depdiknas.

_________, 2004, Standar Kompetensi Guru. Jakarta : Depdiknas.

Eko, Marsudi. 1989. Kepemimpinan Pancasila Suatu Eksplorasi. Solo: Pilar Daya Ratna.

Hamzah, 2009. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko, T. Hani. 2008. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE-UGM.

Joko,M. Susilo, 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunandar, 2009. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosda Karya.

Muslich, Masnur.2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Malang: Bumi Aksara.

Mukhtar, Iskandar. 2009. Orientasi Baru Superfisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.

Payong, Marselus Ruben. 2011. Sertifikasi Profesi Guru (Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya). Jakarta : PT Indeks.

Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar (PPs UNM), 2008. Pedoman Penyusunan Tesis dan Disertasi. Makassar: PPS UNM.

Pramudyo, Anung. “Analisis Faktor-Faktor yang memengaruhi kinerja Dosen Negeri Pada Kopertis Wilayah V Yogyakarta” dalam JBTI vol. 1, No. 1, Februari 2010.

Rachmawati, Tutik & Daryanto, 2013. Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media.

Rusman, 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarat: Raja Grafindo Perkasa.

Sagala, Syaiful, 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Fajar Interpratama.

Simanjuntak, Payaman. 2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.

Satori, Djam,an. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suwardi, 2008. Manajemen Pembelajaran (Mencipta Guru Kreatif dan Berkompetensi). Surabaya: Temprina Media Grafika.

Tampubolon, Biatna Dulbert. “Analisis Faktor Gaya Kepemimpinan dan Faktor Etos Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Organisasi yang Telah Menerapkan SNI 19-9001-2001”. Dalam Jurnal Standarisasi Vol. 9 No. 3 Tahun 2007.

Tirtarahardja, Umar & La Sula. 2000. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Undang-Undang RI. Nomor 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Usman.M. Uzer. 2005. Menjadi Guru yang Profesional. Bandung: Remadja Rosdakarya.

Yamin, Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada.

Yuniarsih, Tjutju & Suwatno. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi, dan Isu Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.


Article Metrics

Abstract view : 397 times | PDF view : 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Eklektika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Pendidikan: diterbitkan sejak bulan April 2013

oleh Program Studi Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar; Pembina: Direktur PPs UNM; Penanggung Jawab: Asisten Direktur I; Supervisor: Ketua Program Studi Administrasi Pendidikan PPs UNM.

p-ISSN: 2337-4977 dan e-ISSN: 2621-0223

free hit counter View My Stats

Terindex Oleh: