Analisis Strategi Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing (Studi Kasus Warkop Saudara Sengopi, Warkop Khatulistiwa dan Story Coffee Maros) di Kelurahan Pettuadae Kabupaten Maros

Khaerul Haque(1*), Tuti Supatminingsih(2), Mustari Mustari(3), Rahmatullah Rahmatullah(4), Muhammad Ikhsan Said(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran pemasaran dan strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing usaha warkop (Studi Kasus Warkop Saudara Sengopi, Warkop Khatulistiwa dan Story Coffee Maros) di Kelurahan Pettuadae Kabupaten Maros. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap objek penelitian. Analisis data yang dilakukan dengan cara reduksi data, kemudian selajutnya data disajikan dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian diketahui bahwa bauran pemasaran pada usaha warkop yang meliputi 7P dimana product, kopi yang digunakan masih menggunakan kopi tradisional dan masih standar. Price, penetapan harga yang dilakukan yakni melihat harga pasar dan memberi potongan harga kepada pengunjung tetap. Place, usaha warkop berada di area wisata kuliner PTB (Pantai Tak Berombak) dan memilih tempat strategis. Promotion, melakukan promosi melalui media sosial, seperti instagram, facebook, youtube dan juga menggunakan grab sebagai mitra.  People, usaha warkop memiliki dua sampai tiga karyawan dimana karyawan warkop berasal dari keluarga dan teman. Process, proses pemesanan dipesan oleh konsumen lalu dibuat secara tradisional oleh karyawan, proses pembayaran yang dilakukan pesan dulu ketika ingin pulang baru bayar. Physical evidence, pemilik usaha memberi fasilitas yang baik agar konsumen merasa nyaman berada di warkop.

Full Text:

PDF

References


Agustinawati, & Puspasari, C. (2018). Analisis Bauran Pemasaran

Destinasi Pariwisata Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 7(2), 11–17.

Christine, C., & Budiawan, W. (2017). Analisis Pengaruh Marketing Mix (7P) terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada House of Moo, Semarang). Industrial Engineering Online Journal, 6(1).

Dr. Nyoto, S.E., M. . (2019). Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia - Dr. Nyoto, S.E., M.M. - Google Buku (Asrizal (ed.)). Uwais Inspirasi Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=QDWODwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=buku+manajemen+sumber+daya+manusia+dr+nyoto&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwitkvv__7HvAhXoILcAHQixCBoQ6wEwAHoECAQQAQ#v=onepage&q=buku manajemen sumber daya manusia dr nyoto&f=false

Haryadi, L. F. dan D. B. (2019). DAMPAK KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK PADA NIAT MEMBELI ULANG DI KIDZ STATION TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA. 7(1).

Ibad, S., Arifin, R., & Priyono, A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa (Product, Price, Place, Promotion, Process, people, and Physical Evidence ) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ilmu & Riset MAnajemer, 6(10), 167–179. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/viewFile/867/861

Istia, P. T. (2020). Jurnal SOSOQ VOLUME 8 Nomor 1 Febuari 2020. 8, 22–34.

MAFIDAH, K. (2019). ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS ERA DIGITAL PADA KEBAB TURKI RAFI TULUNGAGUNG.

Mukhlis, M. A. (2019). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman J & T di Muara

Bulian. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 3(1), 1. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v3i1.50

Muslimah, S., Hamid, R. S., & Aqsa, M. (2020). Analisis Dampak Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online: Perspektif Marketing MIX. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 137–150. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.306

Noor, S. (2014). Penerapan Analisis Swot dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio di Malang. Jurnal INTEKNA, 14(2), 102–209.

Nurhayati, S. (2014). MAMBANGUN KEPEMIMPINAN YANG EFEKTIF UNTUK MERAIH KEUNGGULAN KOMPETITIF ORGANISASI. 15(SEPTEMBER), 21–27.

Pratama, D., Supatminingsih, T., Marhawati, Mustari, Muhammad, & Dinar. (2020). ANALISIS BAURAN PEMASARAN USAHA KUE TRADISIONAL DANGE DI KECAMATAN MANDALLE KABUPATEN PANGKEP. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Revi Meilani, I. A. N. K. (2020). PENGARUH PRODUCT, PEOPLE, DAN PROCESS TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA EKSPEDISI CV. HITAM OREN EXPRESS (HOE) DI SURABAYA. JURNAL EKONOMI MANAJEMEN (JEM17), 5, 33–46.

Satria, C., & Nofiansyah, D. (2021). Tehnik Penyusunan Rencana Usaha Kecil Menengah (Ukm) Komunitas Perempuan Kepala Rumah Tangga (Pekka) Masjid Agung Palembang. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 1(2), 19–32. https://doi.org/10.36908/akm.v1i2.185

Sudaryono, D. (2016). MANAJEMEN PEMASARAN Teori & Implementasi (F. Sigit (ed.); 1st ed.). C.V Andi Offset (Penerbiat Andi).

Tjiptono, & Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. In Yogyakarta: Andi. Andi.


Article Metrics

Abstract view : 668 times | PDF view : 217 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.