Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee

nur afny oktavia(1*), Mustari Mustari(2), Rahmatullah Rahmatullah(3), Tuti Supatminingsih(4), Muhammad Dinar(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana kualitas produk dan kepercayaan konsumen memengaruhi keputusan pembelian aplikasi Shopee. Kualitas produk dan kepercayaan konsumen merupakan variabel bebas dalam penelitian ini, sedangkan pengambilan keputusan konsumen merupakan variabel terikat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan desain penelitian. Sebanyak 539 siswa dari tahun ajaran 2014-2020 mengikuti penelitian ini. Pendekatan seleksi acak bertingkat digunakan untuk memilih 84 orang untuk penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu pengumpulan data dari partisipan penelitian melalui observasi dan angket. Analisis data menggunakan regresi berganda, dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji f. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 25 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian ini, variabel kualitas produk dan kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap pilihan pembelian aplikasi Shopee. Karena kualitas produk dan kepercayaan saling terkait, untuk membantu keputusan pembelian. Dalam hal kualitas produk, seperti saran dan ulasan, kepercayaan berkembang. Semakin besar peringkatnya, semakin baik sehingga produk tersebut memenuhi kebutuhan mereka dan mengarah pada keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

References


Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Layanan E-Commerce Berrybenka.Com).” Diponegoro Journal of Management 7(1): 1–20.

Alghifari, A.Y., & Rahayu, T. S.M.(2021). Pengaruh Diskon, Kualitas Website, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee: Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Manajemen 15(2): 223–236.

Anggraeni, P., & Madiawati, P.N. (2016). The Efect Of Trust And Information Quality To Online Purchase Desicion On The Site WWW.Traveloka.Com. E-Proceeding of Management : 3(2): 1880–87.

Anjani, Kd.P., & Wimba, I.G. A. (2021). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt.Warisan Eurindo Di Dalung, Kerobokan, Kedonganan. Widya Amrita 1(1): 115–25.

Ardiansyah & Herry Nurdin. (2020). Pengaruh Diskon Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusaan Pembelian Produk Online Shop Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Stie Bima). Jurnal Akuntansi 5(2): 136.

Assauri. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ayuningtiyas, K., & Gunawan, H. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration 2(1): 152–65.

Darmansah, A., & Yosepha, S.Y.(2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya 1(1): 15–30.

Dessyaningrum, C., Samsir, & Yulia, E. (2020). Pengaruh Kualitas Mobile, Harga, Dan Kualitas Produk Dengan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Moderasi Terhadap Keputusan Pembelian Online Situs Shopee. Tepak Manajemen Bisnis XII(3).

Dewi, R. Y., Yulianeu, Haryono, A.T., & Gagah, E.(2016).Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Bukalapak.Com). .Journal of Management 3(3): 1–7.

Emor, J.I., Tumbuan, W.J.F.A., & Rogi, M. H. (2019). Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Rm. Bakso Solo Pak Eko Di Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 7(4): 5407–15.

Firdayanti, R. (2012). “Persepsi Risiko Melakukan E-Commerce Dengan Kepercayaan Konsumen Dalam Membeli Produk Fashion Online. Journal of Social and Industrial Psychology 1(1): 28–33.

Hasmiati, Thaief, I., Hasan, M., Dinar, M., & Rahmatullah. (2020). The Effect of Brand Image and Price on Product Purchase Decisions at the Sewing House Akkhwat Makassar. 2(2): 57–68.

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen 6(1): 31–42.https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143.

Isnawati, N. (2019). Pengaruh Kemudahan, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Aplikasi Instagram Di Jakarta Timur(Studi Pada Pengguna Instagram Di Jakarta Timur ).” Jurnal STEI Ekonomi XX(Xx): 1–19.

Khairani, S.( 2015). Pengaruh Kepercayaan Kualitas Informasi Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Membeli Melalui Media Sosial ( Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi STIE MDP ). Jurnal Pendidikan (c): 305–14.

Kotler, Philip., & Keller, L. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., & Gary, Armstrong. (2014). Principle Of Marketing. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., & Gary, Keller, L. (2016).Marketing Management. Boston: Pearson Education.

Lin, X., Featherman, M., Brooks, S.L., & Hajli, N.(2018). Exploring Gender Differences in Online Consumer Purchase Decision Making: An Online Product Presentation Perspective. Information Systems Frontiers 21(5): 1187–1201.

Marpaung, F. K. S, Markus, W.A., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie pada PT. Alam Jaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen 7(1): 49–64.

Montong, P., Sepang, J., & Adare, D. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Kawan Baru. Jurnal Berkala Ilmiah Efesiensi, 15(5), 678-689.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2013). Perilaku Konsumen Dialih Terjemahkan Oleh Dwi Kartika Yahya. Jakarta: Erlangga.

Mulyadi, A., Eka, D. & Naillis, W. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Online Lazada. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan XV (2): 87–94.

Nasution, S.L., Limbong, C.H., & Nasution, D. A. R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan Kemudahan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Journal Ecobisma: 43–53.

Nursyirwan, V. I., & Ardaninggar, S.S. (2020). The Factor Analysis That Influence the Student Purchase Intention in Shopee E-Commerce.” Eaj (Economics and Accounting Journal) 3(2): 118.http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/EAJ.

Paramitha, M. D., & Khasanah, I. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Mie Nges-Nges Banyumanik Semarang). Diponegoro Journal Of Management 4: 1–10.

Rachmawati, I. K., Handoko, Y. Nuryanti, F., Wulan, M., & Hidayatullah, S.(2019). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan Pelanggan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online. Seminar Nasional Sistem Informasi 2019 3(September): 1617–25.

Rahmatullah, & Innana. (2017). Ekonomi Berkarakter Eco-Culture. In Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Rakib, M., & Arifin, M. (2018).Standarisasi Usaha Kecil : Suatu Studi Kelayakan Usaha Rumah Makan Di Kabupaten Enrekang Standardization of Small Businesses : A Feasibility Study of Restaurants in Enrekang Regency. Ilmu-Ilmu Administrasi Publik 8(1): 69–78.

Rakib, M., Yunus, M., & Amin, N. (2018). Creative Industry Development Based on Entrepreneurship Training in Developing Local Economy in Parepare City.OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi II(c): 32–45.https://doi.org/10.23969/oikos.v2i.923.

Riyono, & Budiharja, G. E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. Jurnal Stie Semarang 8(2): 92–121.

Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena, K.R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 11(1): 318.

Rotenberg, K.J.(2010). Interpersonal Trust Durig Childhood And Adolescence New York: Cambridge University Press.

Rozieqy, A., & Arifin, R. (2018). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan, Kualitas Informasi Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Shopee.CO.ID (Study Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UNISMA ). E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen 7(7): 46–56.

Siagian, H., & Cahyono, E. (2014). Analisis Website Quality, Trust Dan Loyalty Pelanggan Online Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran 8(2): 55–61.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, S., Irawan, H., & Sofyan, E. (2017). The Influence of Trust , Easy of Use and Quality Information on Purchase Decision on Online Fa shion Site Zalora.Co.Id.” e-Proceeding of Management 4(2): 1405–12. Weenas, J. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 1(4): 607–18.

Widyasari, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Lay's (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi D-IV Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang). Journal Of Chemical Information And Modeling. 53(9),13.

Yuniarti,Yenny. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Online. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora. Issn:0852-8349 18(1): 27–37.

Zulfa, L., & Hidayati, R. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Risiko, Kualitas Situs Web, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee Di Kota Semarang. Journal Of Management 7(3): 1–11.https://doi.org/10.32487/jshp.v4i2.833.


Article Metrics

Abstract view : 3069 times | PDF view : 988 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.