Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di Sman 14 Jeneponto

Jumraeni Jumraeni(1*), Inanna Inanna(2), Rahmatullah Rahmatullah(3), Thamrin Tahir(4), Muhammad Hasan(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Finding out how the socioeconomic level and self-concept of class XI students at SMAN 14 Jeneponto affect learning outcomes is the aim of this study. Interviews and questionnaires, as well as descriptive quantitative methods and inferential statistics (questionnaires) were chosen by the researchers to collect the data needed in this study. Participants in this study amounted to 69 people and were separated into two groups, namely MIPA 1 and MIPA 2 which were considered capable and represented the participants. To analyze the data, multiple linear regression was used. The results of this study state that student learning outcomes at SMAN 14 Jeneponto, especially class XI are influenced by parents' socio-economic and self-concept, the greater the socioeconomic status of parents, the lower the learning outcomes, and vice versa. In contrast to the self-concept, the greater the student's self-concept, the better the learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Aida, Nur. (2017).Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif Yang Dikembangkan Mengacu Pada Model PISA. Suska Journal of Mathematics .Vol. 3, No. 2, 2017, Hal. 130 – 139.

Azmi M K, Rahayu S, Hikmawati 2016 Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIPA SMA N 1 Mataram Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 2 (2) 86-94.

Fahmi. F, dkk. (2020). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Tingkat Pendidikan Anak. Jurnal: Pusat Inovasi Masyarakat.

Ferazona. S, Suryanti. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Limnology. Journal: Research And Education Chemistry.

Fuadi, N. (2018). Urgensi ranah afektif dalam pendidikan. Jurnal.

Hasan, M. (2018). Pendidikan Ekonomi Informal: Bagaimana Pendidikan Ekonomi Membentuk Pengetahuan Pada Bisnis Keluarga?. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, I(2), 30-37.

Hidayah. N. (2021). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas X IPS Di Sman 1 Karangrejo Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal: Pendidikan Ekonomi.

Hikmawati, Kusmayanti, Sutrio. (2019). Keterampilan Psikomotorik Siswa Dalam Melakukan Kegiatan Percobaan Tentang Suhu Dan Kalor Menggunakan Media Tiga Dimensi Dan Simulasi Komputer. Jurnal: Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia.

Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND: jurnal ekonomi dan pendidikan, 1(1), 27-33. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057

Jauhari M T, Hikmawati, Wahyudi 2016 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Phet Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari Tahun Pelajaran 2015/2016 Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 2 (1) 7-12.

Kusdiastuti M, Harjono A, Sahidu H, Gunawan 2016 Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 2 (3) 116-122.

Maemunah, M., Herman, H., & Rahmatullah, R. (2018). Kecerdasan Emosional Dan Berfikir Logis Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(2), 66–73. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i2.7254

Mahaningtyas. E. (2017). Hasil Belajar Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Melalui Penggunaan Jurnal Belajar Bagi Mahasiswa PGSD. Jurnal: Pedagogic.

Rahmatullah. (2014). Rancangan Pengembangan Bahan Ajar Ekonomi Berkarakter Ekokultural Dalam Perspektif Ekonomi Pancasila. Pluralisme Dalam Ekonomi Dan Pendidikan, 350–366.

Rahmatullah, R. (2018). Pembelajaran ekonomi berjati diri bangsa. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 10-16. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5055

Rahmatullah, & Inanna. (2019). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(1), 19–25.

Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar. Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 5–7.

Ruwaida, H. (2019). Proses Kognitif Dalam Taksonomi Bloom Revisi: Analisis Kemampuan Menccipta (C6) Pada Pembelajaran Fikih Di MI Miftahul Anwar Desa Banua Lawas. Jurnal: Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.

Septiana I S, Harjono A, Hikmawati 2018 Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbasis Eksperimen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Gerung Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 4 (1) 7-15.

Sugiarti. (2018). Penilaian Psikomotorik Siswa Pada Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry. Journal: Physics And Science Learning.

Taluke. J. dkk. (2021). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Tingkat Keberhasilan Mahasiswa Di Desa Buo Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal: Holistic.

Vidayanti, Nurul. (2017). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Jember Ditinjau Dari Gaya Belajar Dalam Mneyelesaikan Soal Pokok Bahasan Lingkaran. Kadikma. Vol. 8, No 1

Widiarti. P. W. (2017). Konsep Diri (Self Concept) Dan Komunikasi Interpersonal Dalam Pendampingan Pada Siswa Smp Se Kota Yogyakarta. Jurnal: Kajian Ilmu Komunikasi.

Wirawan. Y. R. (2015). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Dan Perilaku Konsumsi Siswa. Jurnal: Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan.

Yulianti, Thaief, I., & Rahmatullah. (2019). Contextual Teaching Learning Dalam Pembelajaran Ekonomi Contextual Teaching Learning in Economic Learning. Pinisi Business Administration Review, 1(2), 117–124.

Yunita. L, Agung. S, Novianti. Y. (2017). Penerapan Instrument Penilaian Ranah Afektif Siswa Pada Praktikum Kimia Di Sekolah. Jurnal: Prosiding Seminal Nasional Pendidikan.


Article Metrics

Abstract view : 173 times | PDF view : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.