Implementasi Pendidikan Karakter Pada Program Kesetaraan Paket A di PKBM Lingkar Lontara Kota Makassar

Iin Masita(1), Rudi Amir(2*), Muhammad Asri(3),

(1) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri makassar
(2) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri makassar
(3) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v2i3.44848

Abstract


The purpose of this study is so that researchers are able to achieve a deep understanding of how to implement the Implementation of Character Education. This study uses qualitative research with a case study approach. Data collection techniquesta donenamely Observation, Interview and Documentation with seven informants. The results showed that implements character education by Providing exemplary among school members such as the institution exemplifies good behavior. Involve all Stakeholders such as tutors involved in deliberations. Building and Complying with School Norms, Rules and Traditions such as providing order. Developing School Branding by providing adequate facilities and infrastructure. Developing Literacy Activities by providing reading programs.

Keywords


character of education

Full Text:

PDF

References


Penyusun, T. (2019). Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Adelia, S. (2018). Implementasi pendidikan karakter Anak Usia Dini (Studi Kasus di Kelompok Bermain Pelangi Bangsa Pemalang). Implementasi pendidikan karakter Anak Usia Dini (Studi Kasus di Kelompok Bermain Pelangi Bangsa Pemalang).

Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Depok: Rajagrafindo Persada.

Basori, M., Irja, D., & Maemunaty, T. (2016). Peran Pkbm dalam Membina Masyarakat Putus Sekolah di Pkbm Mitra Riau Jaya Cemerlang Kota Pekanbaru. Neliti.

Basuki, H., Mulyadi, S., & Prabowo, H. (2018). Metode Penelitian Kualitatif dan Mixed Method Perspektif yang Terbaru untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Kemanusiaan dan Budaya. Depok: Rajagrafindo Persada.

Hariyanto, & Samani, M. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hikmawati, F. (2017). Metodologi Penelitian. Depok: Rajagrafindo Persada.

Kholifah, S., & Suyadnya, I. W. (2018). Metode Penelitian Kualitatif Berbagi Pengalaman dari Lapangan. Depok: Rajagrafindo Persada.

Kresno, S., & Martha, E. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Bidang Kesehatan. Depok: Rajagrafindo Persada.

Kusuma, D., Permana, J., & Triatna. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.

Mulyasa. (2018). Manajemen Pendidikan Karakte. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam.

Novita, W. (2016). Kamus Ilmiah Populer. Jakarta: Pustaka Gama.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik.

Putri, M. S., & Syuaraini. (2020). Gambaran Perhatian Orang Tua Terhadap Anak dalam Mengikuti Program Paket B Setara SMP/MTS di PKBM Farilla Ilmi Kecamatan Koto Tangah. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Raharjo, T. J., & Suminar, T. (2019). Penerapan Pedagogi Dan Andragogi Pada Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Kelompok Belajar Paket A, B, Dan C Di Kota Semarang. Edukasi.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah Ilmu Dakwah.

Riwanti. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Pendidikan Karakter Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Sudjana, D. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syafril, & Zeri, Z. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana.

Syamsuri, & Ulfah, S. M. (2018). Implementasi kebijakan model kerjasama pendidikan kesetaraan dalam meningkatkan pembangunan sumber daya manusia. Proceeding IAPA Annual Conference.

Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Widodo. (2018). Metodologi Penelitian Populer dan Praktis. Depok: Rajagrafindo Persada.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenamedia Group.

Zubaedi. (2017). Strategi Taktis Pendidikan Karakter. Depok: Rajagrafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 107 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 rudi amir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0