Peningkatan Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dengan Pembelajaran Berbasis Masalah
(1) Universitas PGRI Madiun
(2) Universitas PGRI Madiun
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v2i3.43633
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 38. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3263
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230
Demonika, S. D., Mustadi, A., & Rezkillah, I. I. (2020). Implementasi Tematik Integratif Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 817. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13630
Dewi, R. P. (2019). Studi Kasus - Metode Penelitian Kualitatif. April 2015, 31–46. https://doi.org/10.31227/osf.io/f8vwb
Hamndayama. (2013). definisi PBL. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Hartono, Y. (2017). Pendidikan Nasional dan Kualitas Manusia Indonesia Dalam Perspektif Sejarah. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 7(2), 84. https://doi.org/10.25273/ajsp.v7i2.1491
Herzon, H. H., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10446
Hidayanti, R., Alimuddin, & Syahri’, A. A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender Pada Siswa Kelas VIII.1 Smp Negeri 2 Labakkang. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(1), 71–80.
Ikhsan, M., & Rizal, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Maslalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Disporsisi Matematis Siswa, 71–82.
Joesyiana, K. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Observasi Lapangan (Outdor Study) Pada Mata Kuliah Manajemen Operasional (Survey Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Semester III Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Beserta Persada Bunda). PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 6(2), 90–103.
Kowiyah. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(5), 175–179.
Nafiah, Y. N., Suyanto, W., & Yogyakarta, U. N. (n.d.). PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN THE APPLICATION OF THE PROBLEM-BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE THE STUDENTS CRITICAL THINKING. c, 125–143.
Ramlawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 6(1), 1–14. http://ojs.unm.ac.id/sainsmat/article/download/6451/3684
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.
Saputri, M. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Vol. 2).
Susanti, E. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sdn Margorejo VI Surabaya melalui Model Jigsaw. Bioedusiana, 4(2), 55–64. https://doi.org/10.34289/285232
Syawaly, A. M., & Hayun, M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Instruksional, 2(1), 10. https://doi.org/10.24853/instruksional.2.1.10-16
Widyaningrum, A., Wasitohadi, & Rahayu, T. (2013). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA DI KELAS 4 SD Ayu Widyaningrum 1) ,Wasitohadi 2) , Theresia Sri Rahayu 3). 154–166.
Wijayanti, A., & Wulandari, T. (2016). Harmoni Sosial : Jurnal Pendidikan IPS Volume 3 , No 2 , September 2016 ( 112-124 ) Online : http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi THE EFFECTIVENESS OF THE CTL MODEL AND PBL MODEL ON THE Harmoni Sosial : Jurnal Pendidikan IPS. Harmoni Sosial, 3(2), 112–124.
Article Metrics
Abstract view : 74 times | PDF view : 13 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Endang Sri Maruti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0