Meningkatkan Kreatifitas Menggambar Melalui Teknik Fingerprint Pada Anak Usia Dini

Khusnul Khotimah(1*), Parwoto parwoto(2), Suriani Suriani(3),

(1) TK Hidayatul Qur'an
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i3.27247

Abstract


Abstract. This research aims to find out the improvement of drawing creativity through fingerprint techniques; The analysis was carried out by direct practice methods with the approach of Class Action Research; the subjects of the study were the children of group B of Hidayatul Qur'an Kindergarten, which numbered ten learners the division of 5 boys and five girls. The object of this study is the ability to draw with data collection techniques, namely observation and documentation. Research instruments are used as observation guides for data analysis techniques. The results showed that fingerprint techniques could increase drawing creativity in children of group B of Hidayatul Qur'an Panyuran-Palang-Tuban Kindergarten.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreatifitas menggambar melalui Teknik fingerprint, Penelitian dilakukan dengan metode praktik langsung dengan pendekatan Penelitian Tindakan kelas, subyek penelitian yakni anak kelompok B TK Hidayatul Qur’an yang berjumlah 10 peserta didik dengan pembagian 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Obyek pada penelitian ini yakni kemampuan menggambar dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa panduan observasi teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik fingerprint dapat meningkatkan kreatifitas menggambar pada anak kelompok B TK Hidayatul Qur’an Panyuran-Palang-Tuban.

Keywords


Drawing creativity FingerPrint, Colour paste

Full Text:

PDF

References


Apriani, Sofia, Risyak. 2012. Media Bahan Bekas Meningkatkan Ketrampilan Motorik Halus Anak. Jurnal Fkip Universitas Lampung.

Aqusnawati, puri, & Mustami’ah,D. 2011.Motorik Halus Pada Anak Prasekolah Ditinjau Dari Bender Gestalt. Insan. Volume 13 No 1

Fauzi, Suryana, dan Ismet, 2019. Pengaruh Melukis Tarik Benang Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari 10 Tanjung Pati Harau. Vol. 3 No. 6 ISSN 26143097

Indraswari, Lolita. 2012. Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD Vol. 1 No. 1

Laranaya, Suryana & Dewi.2019. Pengaruh kreasi Menghias kaleng bekas terhadap per kembangan motorik halus anak usia dini. Vol 1 No 1.

Novitawati, 2014. PerkembanganMotrik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Selaras Jakarta Timur. Jurnal Tarbiyah Ilmu Pendidikan. Volume 3 No. ISSN: 3 ISSN: 20886691

Raihannah, Siti, Sobarna,A & Suharsini,A.D (2018) Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Raudatul Athfal Melalui Teknik Kolase. Volume 4 No. 2 Issn 2460

Rakimahwati, Lestari, & Hartati. 2018. Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi Vol.2 Issn 25498959.

Suryana, Dadan.2016. Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta : Kencana

Syafii. 2015. Berkarya Seni Grafis Sebagai Alat Alternatif Pengalaman Belajar Seni Rupa Bagi Anak. Universitas Negeri Semarang. Jurnal Vol. IX No. 2


Article Metrics

Abstract view : 209 times | PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Khusnul Khotimah, Parwoto parwoto, Suriani Suriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0