Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Kelompok B di Taman Kanak-Kanak

Tri Yulinarti(1*), Bastiana Bastiana(2), Sitti Ramlah(3),

(1) TK Aisyiyah XIII Pengawu1
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i2.27228

Abstract


The purpose of this study is to enhance the physical ability of the delicate mechanical children through collation in group b in kindergarten Aisyiyah XIII Pengawu, a type of study is the class action study (PTK ). The data collection tecniques used in this study are obseryations and documentation. The data analysis tecniquesused in reseach are quantitative data analysis. Away of extracting a sample used in this study is by seeing of observing a child’s ability through large picture media stimulus. The reseach subject was child group b of 10 children, consisting 4 boys and 6 woman. Registered in the 2020/2021 scholl year. Types the action study of this class is completed in two cycles 1 and cycle II. Based on data analysis it could be concluded that children’s fine motor skills in kindergarten Aisyiyah XIII Pengawu bodyguard through collage activities.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak melalui kolase pada anak kelompok B di TK Aisyiyah XIII Pengawu. Jenis penelitian dalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Tehnik pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. . Cara pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melihat atau mengamati kemampuan anak melalui stimulus (rangsangan ) media gambar yang besar . Subyek penelitian adalah anak kelompok B dengan jumlah anak 10 anak, yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 6 anak perempuan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian tindakan kelas ini dilakasanakan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak di TK Aisyiyah XIII Pengawu melalui kegiatan penerapan kolase dengan berbagai media mengalami peningkatan setiap siklusnya.


Keywords


collage activities, fine motoric abilities

Full Text:

PDF

References


Acep Yoni,(2012), Menyusun Penelitian Tindakan Kelas,Yogyakarta: Familia.

Ahmad Susanto,(2011 ) Perkembangan Anak Usia Dini (Jakarta: Kencana Prenada Media,

Dhea Hana Ahliya, (2020) Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Di Taman Kanak-Kanak,” Jurnal Pendidikan Tembusai 4, no. 2: 1013.

Fia Anggilita, 2021, Mengembangkan Motorik Halus Anak Melalui Kolase Menggunakan Sisik Ikan Di TK Islam Darul Hasanah Kotabumi, Fakultas Tarbiah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.(Skripsi )

Imam Nurjamman dan Nia Ramdaniati ( 2018 ) Bisa dan Biasa membaca dengan metode CAEM (Cepat, Aktif ,Efektif , Menyenangkan. Yogyakarta : Deepublish. Hal.18

Jamari, (2016 ),Perkembangan Dan Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Kompetensi Dan Praktiknya,Jakarta.

Lilis Magfiroh, ( 2017 ), Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus anak Usia Prasekolah Di TK Sartika. Jurnal Ilmiah Kesehatan 10, no. 1 hal.37

Mary Mazesky,(2011) Aktivitas- Aktivitas Seni Kreatif . Jakarta Barat: Indeks.

Nilawati Tadjuddin, (2016 )Meneropong Perkembangan Anak Usia Dini Perspektif Al-Qur’an. Depok: Herya PT Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014: Jakarta. Direktorat PAUD.

Rahyubi, (2012)Teori-Teori Belajar Dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Bandung: Nusa Media.

Sarah Nandya Mutiara, (2016)“Meningkatkan Kemampuan motorik halus anak melaluiPermainan lego blok.”Edukid 13 no.2

Sukardi,(2016 ), Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suwarsih Madya. (2011). Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Alfabeta.

Syakir Muharrar dan Sri Verayanti (2013) Kolase Montase dan Mozaik. Jakarta : Erlangga.

Wina Sanjaya.(2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 338 times | PDF view : 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tri Yulinarti, Bastiana Bastiana, Sitti Ramlah





https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0