Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Playdough
(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i3.27170
Abstract
Abstract: The purpose of this study was to determine the improvement of children's fine motor development through playdough play activities at TKIT Bina Putra Mulia. By using a qualitative approach with the type of research in the form of classroom action research as much as 3 cycles. The subjects in this study were students of TKIT Bina Putra Mulia Purbalingga group A with a total of 12 children. Data collection techniques in the form of observation and documentation. Based on the results of observations obtained data, in the third cycle the children who obtained the BSH value of 50% and BSB 44.44%. This shows that there is an increase in children's fine motor development through playdough playing activities at TKIT Bina Putra Mulia.
Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan bermain playdough di TKIT Bina Putra Mulia. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas sebanyak 3 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik TKIT Bina Putra Mulia Purbalingga kelompok A dengan jumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi diperoleh data, pada siklus III anak yang memperoleh nilai BSH sebesar 50 % dan BSB 44,44%. Ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan bermain playdouhg di TKIT Bina Putra Mulia.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, A. A. Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang : Aditya Media Publishing
Ardyatmika, I. A. (2016). Penerapan Metode Bermain Melalui Media Playdough Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A. http://ejournal.undikhsa.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/7757/5295 (diakses pada tanggal 25 Desember 2021)
Atih, F. 2013. Implementasi Playdough Dalam Menstimulasi Kemampuan Motorik Halus {Skripsi}. Bandung : UPI
Beaty, Janice J. 2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Ketujuh. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Difatiguna, S., Surahman, M. Dan Rini, S. (2015). Pengaruh Aktifitas Bermain Menggunakan Playdough Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/9706/6307 (diakses pada tanggl 25 Desember 2021)
Hartati, S. 2005. Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Haryani, C. 2014. Penerapan Metode Bermain Dengan Media Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan
dan Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. {Skripsi}. Bengkulu : Universitas Bengkulu
Niken Pratiwi, Sadiman dan Siti Istiyati.“Upaya Peningkatan KeterampilanMotorik Halus Melalui Playdough pada Anak Kelompok B TKIT NurHidayah Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015”. (On-Line), tersedia di:http://jurnal.fkip.uns.ac.id/
Osakwe, R.N. (2009). “The Effect of Early Childhood Education Experience on the Academic Performances of Primary School Children Based, (Online)”. Stud Home Comm Sci, 3(2): 143-147. Diperoleh dari http://www.krepublishers.com/02-Journals/S-HCS/HCS-03-0-000-09-Web/HCS-03-2-000-09-Abst-PDF/HCS-03-2-143-09-038-Osakwe-R-N/HCS-03-2-143-09-038-Osakwe-R-N-Tt.pdf
Peraturan Pemerintah Nomor 58 tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini, pasal 1.
Sujiono,Y. Bambang. 2013. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta : PT Indek
Sujiono, B. 2009. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta
: Universitas Terbuka:
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SistemPendidikan Nasional.
Yus, Anita. 2011.Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak Kanak Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Article Metrics
Abstract view : 600 times | PDF view : 122 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 puji astuti, Syamsiah Djaga, Andi Mardiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0