Meningkatnya Motivasi Belajar Anak Usia Dini (AUD) Melalui Pembelajaran Sains
(1) TK Islam Plus Ceria Kota Malang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i2.26495
Abstract
This study aims to determine the impact of applying science learning in early childhood classes to increasing early childhood learning motivation (IEC) in TK ISLAM PLUS CERIA Malang. The type of this research is classroom action research with the research subject is Early Childhood Education group B in ISLAM PLUS CERIA Kindergarten in the even semester of the 2020-2021 academic year, totaling 15 children. Data collection was carried out through observation and question and answer by applying the Problem Based Learning (PBL) learning model in science learning activities. The data obtained were analyzed using the theory of learning motivation. So that the results obtained that through playing science activities, can increase early childhood learning motivation.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak menerapkan pembelajaran sains di kelas paud terhadap meningkatnya motivasi belajar Anak Usia Dini (AUD) di TK ISLAM PLUS CERIA Malang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah Anak Usia Dini (AUD) kelompok B di TK ISLAM PLUS CERIA pada semester genap tahun ajaran 2020-2021 yang berjumlah 15 anak. Pengambilan data dilakukan melalui observasi dan tanya jawab dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada aktivitas pembelajaran sains. Data yang didapat dianalisis dengan menggunakan teori motivasi belajar. Sehingga diperoleh hasil bahwa melalui aktivitas bermain sains, dapat meningkatkan motivasi belajar anak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chomariah N, 2016. Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini. https://profi l.staiypbwi.ac.id/ foxtort -service/. Diakses pada 3 November 2021
Holyyah · 2013. Pelajaran Sains (IPA). http://digilib.uinsby.ac.id:KTSP.Kurikulum tingkat satuan pendidikan. diakses pada 30 Oktober 2021
Meilani, 2019. Penyususnan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudyaan
Munawaroh, 2019. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudyaan
Nurani, 2019. Pendekatan Pembelajaran di Lembaga PAUD. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudyaan Om.makplus, 2016. Definisi atau Pengertian
Motivasi Belajar. http://www. definisi-pengertian.com/2016/01/ definisi-pengertian-motivasi-belajar. html diakses pada 30 Oktober 2021
Pratiwi N, 2019. Materi dan Kegiatan Belajar Anak Usia Dini. Jakarta:Kementerian Pendidikan Dan Kebudyaan
Priyanto A, 2014. Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini MelaluiAktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru“COPE”, No.02/Tahun XVIII/ November 2014 Diunduh pada 3 Oktober 2021
Sobur, A. 2013. Psikologi Umum Dalam Lintas Sejarah. Bandung: CV Pustaka Setia
Article Metrics
Abstract view : 925 times | PDF view : 186 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Eliamah Eliamah, Wahira Wahira, Kahrul Alam
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0