Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Eksplorasi

Arfiah - Arfiah(1), Rusmayadi Rusmayadi(2*), Evarastina Mattemu(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitasi Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i2.26436

Abstract


This study aims to improve the fine motor skills of early childhood through citrus fruit exploration activities in group A children at PAUD Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal II. The subjects of this study were the children of group A PAUD Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal II. The object of this research is the fine motor skills of early childhood through the exploration of citrus fruits. The research design used in this classroom action research was the design by Kemmis and Mc Taggart which was carried out in two cycles. The data collection technique used is the observation of the children's work to determine the level of the child's fine motor skills and the results of interviews with children during the activity. The data analysis technique in this research is descriptive quantitative. Based on the results of data analysis, the percentage value before the action category score reached 16%, in the first cycle of action it reached 50%, and in the second cycle of action it reached 83.3%. This means that exploration activities can improve the fine motor skills of group A children at the Integrated PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal II.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan eksplorasi buah jeruk pada anak kelompok A di PAUD Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal II. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A PAUD Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal II. Obyek dari penelitian ini berupa motorik halus anak usia dini melalui eksplorasi buah jeruk. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah desain oleh Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terhadap hasil karya anak untuk mengetahui tingkat sejauh mana kemampuan motorik halus anak dan hasil wawancara dengan anak selama kegiatan berlangsung. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan nilai prosentase sebelum tindakan skor kategori mencapai 16%, pada tindakan siklus I mencapai 50%, dan pada tindakan siklus II mencapai 83,3%. Ini berarti kegiatan eksplorasi dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A PAUD Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal II


Keywords


Fine motoric; Early Childhood; Exploration Activities

Full Text:

PDF

References


Asri Budiningsih. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Dini P. Daeng Sari. (1996). Metode Mengajar di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud.

Cucu Eliyawati. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Hurlock Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi keenam (Med. Meitasari Tjandrasa. Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Harun Rasyid, Mansyur & Suratno. (2009). Assesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

https://kbbi.web.id/eksplorasi

https://dosenpsikologi.com/contoh-kegiatan-eksplorasi-anak

https://www.ayahbunda.co.id/balita bermain-permainan/4-tipe-eksplorasi-pada-anak-si-kecil-termasuk-yang-mana

https://www.liputan6.com/health/read/2936433/pentingnya-kesempatan-eksplorasi-bagi-tumbuh-kembang-anak

https://www.jurnas.com/mobile/artikel/30666/ini-manfaat-eksplorasi-bagi-tumbuh-kembang-anak

Mistriyanti. (2012). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Diakses dari http://haurasyalsabila.blogspot.com pada tanggal 8 November 2013, jam 15.00 WIB.

Rochiati Wiriaatmadja. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slamet Suryanto. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Suharsimi Arikunto. (1992). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sujati. (2000). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: UNY.

Sukadiyanto. (1997). Penentuan Tahap Kemampuan Motorik Anak SD. Edisi 1 TH III April Majalah Olahraga. Yogyakarta: FPOK Yogyakarta.

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Depdiknas.

Suratno. (2005). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Tadkiroatun Musfiroh. (2008). Bermain Sambil belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas.

Yuliani, Nurani dan Bambang Sujiono. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta:PT Index


Article Metrics

Abstract view : 250 times | PDF view : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Arfiah - Arfiah, Rusmayadi Rusmayadi, Evarastina Mattemu





https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0