Aplikasi Sistem Presensi Dosen Dan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNM

sumarlin mus(1*), Mustafa Mustafa(2),

(1) universitas negeri makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i1.19974

Abstract


Sistem absensi mahasiswa secara manual masih diterapkan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Berdasarkan analisis situasi ditemukan masalah yang dihadapi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar dalam penggunaan absensi manual mahasiswa yaitu: (1) Sistem absensi yang sedang berjalan saat ini di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar masih berdasarkan absensi manual tanda tangan hal ini menyebabkan banyak kendala terutama pada keakurasian data waktu dan kehadiran. (2) Kendala-kendala umum dalam proses absensi mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar dalam hal ini lebih kepada akurasi data yang ada karena dapat dimanipulasi sebab masih menggunakan kertas dan tanda tangan. (3) Sulit untuk mencari arsip laporan data absensi mahasiswa untuk pendataan ulang jika proses manual absensi telah berjalan lama. Dari analisis situasi di atas sehingga peneliti tertarik untuk mengembangkan aplikasi presensi dosen dan mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Hasil penelitian ini berupa produk aplikasi yang dapat dibuka pada laman http://absen.fip.unm.ac.id/ yang telah diujicobakan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021

Full Text:

PDF

References


Andini, A.F., Irzal, M., Arafiyah, R., 2017. Perancangan dan Implementasi Sistem Absensi Online Berbasis Android di Lingkungan Universitas Negeri Jakarta.

Effendi, S., 2003. Pengelolaan Perguruan Tinggi Menghadapi Tantangan Global, in: Seminar Nasional Majelis Rektor Indonesai. pp. 1–12.

Fernanda, D., 2009. Aplikasi Presentasi Dosen Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Maranatha Menggunakan Mesin Absen Secara Online (PhD Thesis). Universitas Kristen Maranatha.

Hariawan, agus, n.d. pengertian dan sejarah website. pengertian dan sejarah website Disini… | by agus hariawan | Medium [WWW Document]. URL https://medium.com/@agushariawancomm/pengertian-dan-sejarah-website-ef751219e8fe (accessed 11.12.20).

Husain, A., Prastian, A.H.A., Ramadhan, A., 2017. Perancangan Sistem Absensi Online Menggunakan Android Guna Mempercepat Proses Kehadiran Karyawan Pada PT. Sintech Berkah Abadi. Technomedia J. 2, 105–116.

Indonesia, T.P.K.B.B., 2008. Kamus besar bahasa Indonesia. Jkt. Balai Pustaka.

Kai, P., n.d. The Waterfall Model in Large-Scale Development | SpringerLink [WWW Document]. URL https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-642-02152-7_29 (accessed 3.2.20).

Limbong, T., 2012. Perancangan Sistem Informasi Kehadiran Mengajar Dosen 7.

Nurda, A., 2018. Perancangan Sistem Absensi Online Berbasis Android Pada Pt Fajar Anugerah Semesta (PhD Thesis). Universitas Mercu Buana Jakarta.

Supradono, B., 2011. Tingkat kematangan tata kelola teknologi informasi (it governance) pada layanan dan dukungan teknologi informasi (kasus: perguruan tinggi swasta di kota semarang). Semantik 1.

Syahid, B., 2020. Pengertian Website – Sejarah, Jenis, Manfaat, Unsur, Tahapan, Fungsi, Para Ahli [WWW Document]. GuruPendidikan.Com. URL https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-website/ (accessed 11.12.20).

Zainudin, A., 2013. Pengenalan Android. Politek. Elektron. Negeri Surabaya.Wordpress (PhD Thesis). Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Article Metrics

Abstract view : 378 times | PDF view : 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran





https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0