Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 12 Makassar yang Dibelajarkan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CRH dengan Tipe NHT (Studi pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v2i2.70951
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAN 12 Makassar antara yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay (CRH) dengan tipe numbered heads together (NHT) studi pada materi pokok kesetimbangan kimia. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bersifat komparatif dengan desain Postest-Only Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe CRH dan kooperatif tipe NHT, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAN 12 Makassar pada materi pokok Kesetimbangan Kimia. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X1 IPA SMAN 12 Makassar tahun pelajaran 2015/2016. Sampel ditentukan secara acak sehingga terpilih kelas XI IPA 4 sebagai kelas ekesperimen 1 dan XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 dibelajarkan dengan menggunakan kooperatif tipe CRH dan kelas eksperimen 2 dibelajarkan dengan menggunakan kooperatif tipe NHT. Pengumpulan data hasil belajar peserta didik dilakukan dengan cara pemberian post-test (tes akhir) pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan adalah jenis instrumen tes hasil belajar kognitif erbentuk tes objektif atau pilihan ganda, terdiri dari 20 butir soal. Intrumen tersebut telah divalidasi isi dan validasi item. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen I yaitu 77,4 dan kelas eksperimen II yaitu 73,0. Hasil analisis inferensial untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t dua pihak, diperoleh nilai thitung sebesar 2,178 dan ttabel sebesar 1,996 dengan derajat kebebasan 67 pada taraf signifikan α = 0,025 sehingga nilai thitung tidak terletak diantara +ttabel dan -ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dan NHT.
ABSTRACT
This study aims to determine whether there are differences in learning outcomes of students of class XI IPA SMAN 12 Makassar that learned cooperative learning model using between CRH and NHT type on chemical equilibrium subject matter. This comparatively quasi-experimental research Post-test Only Design. The independent variables is CRH and NHT type of cooperative learning model, while the dependent variable is the learning outcomes of students class XI IPA SMAN 12 Makassar on Chemical Equilibrium subject matter. The population are all class X1 IPA SMAN 12 Makassar in the 2015/2016 academic year. The sample which was selected randomly are class XI IPA 4 as an experiment 1 and XI IPA 5 as an experimental 2. Class experiment 1 learned using CRH and the experimental class 2 using NHT of cooperative. The collection of data of the study is conducted provision post-test (final test) to the students’ experiment 1 and experiment 2 class. The 20 instrument that gifts to the student for measure cognitive is objective in multiple choices. The instrument has been validated the content and the item. Learning outcome data were analysed using descriptive statistics and inferential statistics. The descriptive analysis showed the average of students outcome of experiment 1 and experiment 2 are 77.4 and 73.0, respectively. The inferential statistic for hypothesis testing using t-test two parties, showed the value tcount 2.178 and ttable 1.996 with 67 degrees of freedom at the significance level α = 0.025. The value of tcount not lie between +ttable and -ttable, this meant H0 rejected and H1 accepted. It shows that there are differences between the learning outcomes of students that learned using CRH and NHT type of cooperative learning model.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hermawan, P. dkk. 2014. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Didaktika Dwija Indria. Vol. 2. No. 1.
Huda, M. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lestari, I. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran CRH Dan NHT Pada Materi Bangun Datar Terhadap Prestasi Belajar Dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Ekuivalen pendidikan matematika. Vol. 15. No. 3.
Nur, M. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.
Sanjaya, W. 2006. Srategi Pembelajaran Beriorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suprijono, A. 2009. Cooporative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Article Metrics
Abstract view : 13 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.