Profil Kemampuan Calon Guru Kimia dalam Penyusunan dan Implementasi Modul Ajar Kurikulum Merdeka: Kajian terhadap Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i3.68480
Abstract
kemampuan menyusun modul ajar kurikulum Merdeka serta Keterampilan dasar mengajar, seperti perencanaan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar, merupakan aspek-aspek krusial yang harus dikuasai oleh calon guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengeksplorasi dan menganalisis kemampuan calon guru kimia dalam penyusunan dan implementasi modul ajar Kurikulum Merdeka, dengan fokus pada penguasaan delapan keterampilan dasar mengajar yang diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif dan inovatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan dua cara yaitu : analisis dokumen modul pembelajaran dan observasi implementasi mengajar. Adapun instrument penelitian yang digunakan, yaitu : angket dan rubrik Analisis Modul Ajar Kurikulum Merdeka serta angket dan rubrik observasi mengajar berdasarkan delapan keterampilan dasar mengajar. Kemampuan meyusunan modul ajar kurikulum Merdeka oleh mahasiswa calon guru yang berada pada kategori sangat baik yaitu sebanyak 77,78 selebihnya yaitu berada pada kategori baik. Adapun pada aspek keterampilan dasar mengajar sebanyak 66,67% mahasiswa berada pada kategori baik dan selebihnya pada kategori cukup.
ABSTRACT
The ability to develop teaching modules aligned with the Merdeka Curriculum and mastery of fundamental teaching skills—such as lesson planning, classroom management, and learning assessment—are critical aspects that prospective teachers must acquire. This study aims to explore and analyze the competence of prospective chemistry teachers in designing and implementing teaching modules based on the Merdeka Curriculum, with a focus on mastering eight fundamental teaching skills essential for supporting effective and innovative learning processes. The research employs a qualitative descriptive method with a case study approach. Data collection was conducted through two primary methods: document analysis of teaching modules and observation of teaching implementation. The research instruments include a questionnaire and an evaluation rubric for the analysis of Merdeka Curriculum teaching modules, as well as a questionnaire and observation rubric based on the eight fundamental teaching skills. The findings indicate that 77.78% of prospective teachers demonstrated excellent competence in designing Merdeka Curriculum teaching modules, while the remaining participants were categorized as good. Regarding fundamental teaching skills, 66.67% of the participants were classified as good, with the remainder categorized as sufficient.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriani, R., Mulawarman, W. G., & Nurlaili, N. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran di smp patra dharma 2 balikpapan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3, 123-132. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3ise.2930
Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. A. (2020). Pengaruh kemampuan penalaran, efikasi diri dan kemampuan memecahkan masalah terhadap penguasaan konsep matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A., & Prihantini, P. (2022). Komparasi implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka di sekolah dasar kabupaten garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877-5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Ardianti, Y. and Amalia, N. (2022). Kurikulum merdeka: pemaknaan merdeka dalam perencanaan pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399-407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749
Ayub, S., Wahyudi, W., & Handayani, E. P. (2022). Penguasaan konsep rangkaian seri dan paralel melalui penggunaan kit listrik seqip di sd negeri 6 mataram. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 3(2), 6-10. https://doi.org/10.29303/goescienceedu.v3i2.199
Hidayah, Y. (2023). Respon mahasiswa calon guru sekolah dasar terhadap pembelajaran project based learning (pjbl) berbasis transfer nilai pancasila. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 213-221. https://doi.org/10.36805/civics.v6i2.1808
Indriani, N., Sutamah, S., Maharani, A. P., Wahyuni, N., Afi, D. A., Bahri, F. F., … & Rahma, S. N. (2023). Analisis kesulitan guru dalam mengembangkan instrumen asesmen autentik higher order thinking skill di mi sidoarjo. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4(6), 596-607. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.171
Jojor, A. and Sihotang, H. (2022). Analisis kurikulum merdeka dalam mengatasi learning loss di masa pandemi covid-19 (analisis studi kasus kebijakan pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150-5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106
Lukman, H. S., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Pelatihan penyusunan modul ajar berdiferensiasi untuk meningkatkan kesiapan implementasi kurikulum merdeka. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 4961. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17478
Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130-138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Melli, M., Rusnayati, H., & Novia, H. (2020). Pengaruh pembelajaran cooperative learning tipe think pair share terhadap kemampuan penguasaan konsep fisika siswa. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 5(2), 87-90. https://doi.org/10.17509/wapfi.v5i2.6969
Muliyani, Y., Jannah, M., & Rahmati, R. (2020). Kemampuan mahasiswa calon guru dalam mengembangkan media dan bahan ajar ipa berbasis project based learning (pjbl). Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan
Fisika Terapan, 1(3), 8. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v1i3.7422
Pohan, A. E., Nasution, F., Nugroho, T., & Harahap, S. (2022). Onlinalisasi peningkatan kompetensi mahasiswa calon guru di universitas riau kepulauan batam. Cahaya Pendidikan, 8(1), 59-73. https://doi.org/10.33373/chypend.v8i1.4219
Pranyata, Y. I. P. and Hanggara, Y. (2023). Asesmen keterampilan pemecahan masalah pecahan melalui pertanyaan arahan. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 176-187. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i2.5581
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rahmadayanti, D. and Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Sari, P. I., Gunawan, G., & Harjono, A. (2017). Penggunaan discovery learning berbantuan laboratorium virtual pada penguasaan konsep fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 176-182. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.310
Setiadi, D., Wilian, S., & Sridana, I. N. (2021). Peningkatan keterampilan guru ma al-aziziyah puteri kapek, gunungsari dalam mengembangkan instrumen asesmen sikap dan keterampilan hasil belajar. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 1(1), 20-25. https://doi.org/10.29303/interaktif.v1i1.4
Sitinjak, D. S. (2021). Analisis kompetensi pedagogi dan penguasaan konsep kimia mahasiswa calon guru kimia yang profesional. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 603-610. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.379
Sumanik, N. B., Nurvitasari, E., & Siregar, L. F. (2021). Analisis profil kemampuan literasi sains mahasiswa calon guru pendidikan kimia. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 22. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.10215
Sutaris, R. (2022). Feasibility study of independent curriculum implementation. PINISI Discretion Review, 6(1), 1. https://doi.org/10.26858/pdr.v6i1.36986
Yuisman, D. and Juliana, R. (2024). Kesiapan guru pendidikan agama islam dalam penyusunan modul ajar kurikulum merdeka. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 10(2), 278-306. https://doi.org/10.51311/nuris.v10i2.504
Article Metrics
Abstract view : 51 times | PDF view : 4 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.