Pengaruh Media Questions Box dalam Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 1 Palopo (Studi Pada Materi Pokok Ikatan Kimia)

A. Vista Tenri Abeng(1), Muh. Yunus(2*), Taty Sulastry(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i3.68168

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode quasy experiment yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media questions box dalam model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Palopo tahun pelajaran 2019/2020 pada materi pokok ikatan kimia. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Palopo yang terdiri dari delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian yaitu kelas X MIA3 sebagai kelas eksperimen dan X IPA6 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 40 peserta didik. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan media questions box dalam model pembelajaran discovery learning sedangkan kelas kontrol diajar dengan model pembelajaran discovery learning tanpa menggunakan media questions box. Variabel bebas pada penelitian ini adalah media questions box dan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik. Pengambilan data hasil belajar dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata hasil belajara peserta didik kelas kontrol pada pretest dan posttest berturut-turut yaitu 35.8 dan 78.1 dengan rata-rata N-gain 0.644 dan kelas eksperimen yaitu 45.1 dan 83.1 dengan rata-rata N-gain 0.634. hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 6.2 pada taraf kepercayaan 0.05 dengan dk=78 diperoleh ttabel = 1.2. Oleh karena
itu thitung > ttabel artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada media questions box menggunakan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik.


ABSTRACT
This is a quasi-experiment research which is aimed to know the influence of media questions box in Discovery Learning towards students’ learning result of class X MIA SMA Negeri 1 Palopo in academic year 2019/2020 on chemical bond subject matter. The pre-test post-tests control group design was used in this research. The population of this study is the students of class X MIA SMA Negeri 1 Palopo consisting of eight classes. Class X MIA3 as experimental class and X MIA6 as the control class which each of them is 40 students which was determined randomly. The experimental class was taught by Discovery Learning model using media questions box while the control class is taught by Discovery Learning model without using media questions box. The independent variable in this study was the media questions box and the dependent variable is students' learning result. Retrieval of students' learning result data is done by giving pre-test and post-tests. The students' learning result data were analysed using descriptive statistics and inferential statistics. The results of the analysis showed the average learning outcomes of control class learners in pre-test and post-tests were 35.8 and 78.1, respectively with 0.644 an average of N-gain and experimental class of 45.1 and 83.1 with 0.634 an average of N-gain. The results of hypothesis testing using t-test obtained tcount = 6.2 at the level of trust 0.05 with df = 78 obtained ttable = 1.2. Therefore tcount> ttable means H0 is rejected and H1 accepted. It shows that there is a significant influence on the media questions box using discovery learning model towards student's learning outcomes.

Keywords


discovery learning, Hasil Belajar, N-Gain.  

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Chang, Raymond. 2004. Kimia Dasar Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Maksum, Arifin dan Ika Lestari. 2020. Analisis Profil Kemandirian Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Parameter. Vol. 32. No. 1. E-ISSN: 2620-9519.


Article Metrics

Abstract view : 42 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats