Pengaruh Metode Resitasi Dalam Model Pembelajaran Langsung Secara Online Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 4 Luwu (Studi Pada Materi Pokok Ikatan Kimia)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i3.68167
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode resitasi dalam model pembelajaran langsung secara online terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 4 Luwu tahun pelajaran 2020/2021 studi pada materi pokok ikatan kimia. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasinya adalah peserta didik kelas X SMAN 4 Luwu yang terdiri dari lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian yaitu kelas X Mipa 1 sebagai kelompok eksperimen dan X Mipa 2 sebagai kelompok kontrol. Variabel bebasnya adalah penggunaan metode resitasi dalam model pembelajaran langsung secara online dan tanpa penggunaan metode resitasi dalam model pembelajaran langsung secara online. Variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik dari materi pokok ikatan kimia. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes hasil belajar sebanyak 20 soal dengan lima pilihan jawaban. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik dekskiptif terhadap ketuntasan kelas pada hasil belajar menunjukkan bahwa data pada kelompok eksperimen hanya 6 orang yang tuntas dan pada kelompok control hanya 2 yang tuntas dan hasil analisis prasyarat statistik inferensial terhadap tes hasil belajar menunjukkan bahwa data pada kelompok eksperimen dan kontrol tidak terdistribusi normal tetapi memiliki varians yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney, Hasil uji Mann-Whitney diperoleh Zhitung = -0,7137 pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh nilai Ztabel = 1,64. Berdasadarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode resitasi dalam model pembelajaran langsung secara online tidak berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 4 Luwu pada materi ikatan kimia.
ABSTRAC
This research is a pseudo-experimental study that aims to determine the influence of recitation method in direct instruction model the online to Student’s learning outcomes of Grade X SMA Negeri 4 Luwu year 2020/2021 on the subject matter of chemical bonds. The research design used is posttest only control group design. The population is a class X student of SMA Negeri 4 Luwu consisting of five classes. Sampling is done in random sampling. The class selected as the research sample is class X Mipa 1 as the experimental group and X Mipa 2 as the control group. The free variable is the use of recitation method in direct instruction model the online and without use the recitation method in direct instruction model the online. The bound variables are the result of students learning from the subject matter of chemical bonds. Data retrieval is done by testing the results of 20 questions with five answer options. The data obtained is analyzed using descriptive statistics and inference statistics. The result of descriptive analysis of class completeness on the learning outcomes test show that the data in the experimental group only six people completed while in the control group only two completed and the results of the inference statistical prerequisite analysis of the study results test showed that the data in the experiment and control group were not distributed normally and had homogeneous variance. Hypothesis test use the Mann-Whitney test. The Mann-Whitney test result was obtained Z count = -0,7137 at a significant level α = 0.05 obtained Z table = 1.64. Based on these data it can be concluded that the recitation method in the online direct instruction model has not influence on learning outcomes of students of class XI MIPA SMA Negeri 4 on the subject matter of chemical bond.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dengeng, I. N. S. 1997. Strategi Pembelajaran Mengorganisasi Isi dengan Model Elaborasi. Malang: IKIP Malang.
Djamarah &Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka
Djamarah, Saiful dan Aswan, Zain, 2010. Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwi, C Briliaannur., Uswatun, Hasanah., dan Abdy, Putra Mahesa. 2020. Analisis Keefektifan Pembelajaran Online Di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. ISSN: 2721-7957.
Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Hermawan, Yoni. 2014. Penerapan Metode Resitasi dan Diskusi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Keperawatan Universitas Galuh. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol.20 (3).
Keraf, Gorys. 2001. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Jakarta: Nusa Indah
Molindo, M. 2005. Instructional Technology and Media for Learning New Jersey. Colombus: Ohio.
Sari, Pusvyta. 2015. Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-learning. Jurnal Ummul Qura. Vol.6(2).
Siahan, Sadirman. 2005. Seputar Pembelajaran Elektronik. Jurnal Teknodik. Vol.1(17).
Susanti, Try., Sari, Novita., dan Hidayat. 2017. Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta didik Kelas XI Sekolah Menegah Atas Negeri Tanjung Jabung Timur. Biodik. Vol.3(2).
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivisme. Jakarta: Prestasi Putakaraya.
User, Moh., Usman., dan Setiawan, Lilis. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pharera, jos Daniel. 1993. Menulis Tertib dan Sistematis. Jakarta: Erlangga.
Article Metrics
Abstract view : 37 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.