Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPA Menggunakan Media File Dokumen Dan Video Tutorial Berbasis Google Classroom Pada Model Pembelajaran Direct Instruction Materi Pokok Ikatan Kimia (Studi Pada SMA Negeri 8 Model Bulukumba)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i2.65873
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bersifat komparatif bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta kelas X SMA Negeri 8 Model Bulukumba yang diajar menggunakan media file dokumen dan video tutorial berbasis Google Classroom pada model pembelajaran Direct Instruction materi pokok ikatan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 8 Model Bulukumba sebanyak 5 kelas, dan sampelnya adalah kelas X IPA 1 sebagai kelompok ekperimen I dengan jumlah peserta didik 30 orang dan kelas X IPA 2 sebagai kelompok ekperimen II dengan jumlah peserta didik 24 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control group design. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Hasil analisis prasyarat statistik inferensial terhadap tes hasil belajar menunjukkan bahwa data pada kelas ekperimen I dan kelas ekperimen II terdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari populasi yang homogen. Hasil analisis inferensial menggunakan uji-t dengan α = 0,05 diperoleh thitung< –ttabel (-3,89 -2). Dapat disimpulkan H0 ditolak H1 diterima berarti ada perbedaan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Model Bulukumba yang diajar menggunakan media file dokumen dan video tutorial berbasis Google Classroom pada model pembelajaran Direct Instruction materi pokok ikatan kimia.
ABSTRACT
This research is a comparative quasi-experimental research which aims to determine the differences in learning outcomes of class X SMA Negeri 8 Model Bulukumba students who are taught using document files and video tutorials based on Google Classroom in the Direct Instruction learning model on the subject matter of chemical bonds. The population in this study were all students of class X IPA SMA Negeri 8 Model Bulukumba as many as 5 classes, and the sample was class X IPA 1 as the experimental group I with 30 students and class X IPA 2 as the experimental group II with 24 of students. The research design used was posttest-only control group design. The sampling technique was simple random sampling. The results of the inferential statistical prerequisite analysis of the learning outcomes test show that the data in the experimental class I and experiment class II are normally distributed and both classes come from a homogeneous population. The results of inferential analysis using t-test with α = 0.05 obtained thitung< –ttabel (-3,89 -2). It can be concluded that H0 is rejected. H1 is accepted, which means that there are differences in the learning outcomes of students in class X SMA Negeri 8 Model Bulukumba who are taught using document files and video tutorials based on Google Classroom in the Direct Instruction learning model on the subject matter of chemical bonding.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atika, Deni., Murbangun Nuswowati Dan Sri Nurhayati. 2018. Pengaruh Metode Discovery Learning Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol 12, No. 2
Dale, E. 1946. Audio-visual methods in teaching. New York: The Dryden Press
Docplayer. 2020. Political and Economic Risk Consultant: kualitas pendidikan di Indonesia berada pada urutan 12 dari 12 negara di Asia. Online
https://docplayer.info/52003029-Menurut-survei-politival-and-economic-risk-conultat-perc-kualitas-pendidikan-di-indonesia-berada -pada-urutan-ke-12-dari-12-negara-di-asia.html
Fauzi, Yuli Yanna. 2018. Bank Dunia: Kualitas Pendidikan Indonesia Masih Rendah. CNN Indonesia. Online
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180607113429-284-304214/bank-dunia-kualitas-pendidikan-indonesia-masih-rendah.
Google.com. 2020. Tentang Classroom. Online
https://support.google.com/edu/classroom/answer/6020279?hl=idv
Hasan, Buaddin. 2020. Pemanfaatan Google Classroom Dalam Matakuliah Menggunakan Media Video Screencast O-Matic. Jurnal Widya Wacana. Vol. XV (1)
Kemendikbud. 2020. Surat Edaran 24 Maret 2020. Jakarta : kemendikbud
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19
Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press
Nurjanah., Harizon dan Affan Malik. 2018. Perbandingan Hasil Belajar Materi Ikatan Kimia Menggunakan Media Komik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dan STAD. Skripsi. Universitas Jambi
OECD.com. 2018. Science Performance PISA. French: Online
https://data.oecd.org/pisa/science-performance-pisa.htm#indicator-chart
Pham, Huang. 2011. Theory-Based Instructional Models Applied in Classroom Contexts. Literacy Information and Computer Education Journal (LICEJ). Vol. 2. No. 2.
Pradilasari, Lia., Abdul Gani, Ibnu Khaldun. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol. 07, No.01
Purnaningsih, Pari. 2017. “Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual Untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris.” Jurnal Informatika Universitas Pamulang. Vol. 2. No. 1
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Susilo, Muhammad Aji. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Wheel Alignment di SMK Negeri 2 Surakarta. Skripsi. Universitas Negeri Semarang
Widiyowati, Iis Intan. 2014. Hubungan Pemahaman Konsep Struktur Atom Dan Sistem Periodik Unsur Dengan Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia. Pancaran. Vol. 3 No. 4.
https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/989/791
Article Metrics
Abstract view : 82 times | PDF view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.