Pengaruh Media Interaktif Berbantuan Aplikasi Qr Code Dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Gowa (Studi pada Materi Pokok Asam Basa)

Aulya Wulandari(1), Muh. Yunus(2*), Sumiati Side(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i2.65657

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Interaktif Berbantuan Aplikasi QR Code dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Gowa Pada Materi Pokok Asam Basa. Metode Penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan desain posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI MIPA dengan jumlah 6 kelas, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data hasil belajar dilakukan dengan cara memberikan post-test. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Media Interaktif Berbantuan Aplikasi QR Code dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Gowa Studi pada Materi Pokok Asam Basa.

Keywords


Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Media Interaktif, QR Code, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Af’idayani, N., Setiadi, I., dan Fahmi. (2018). The effect of inquiry model on science process skills and learning outcomes. European Journal of Education Studies, 4(12), 177-182.

Almuntasheri, S., Gillies, R.M., & Wright, T. (2016). The effectiveness of a guided inquirybased, teachers’ professional development programme on students’ understanding of density. Science Education International, 27(1):16-39.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asni, Wildan, dan Hadisaputra, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta didik Materi Pokok Hidrokarbon pada Kelas XI PMIPA SMAN 1 Woha Tahun Ajaran 2019/2020. Chemistry Education Practice, 3(1).

Chairan, K.A., Muhammad, D., dan Diana, E.P. (2021). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 7 Makassar Menggunakan Instrumen Test Diagnostik Two Tier (Studi pada Materi Pokok Asam – Basa). Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia, 2(2), ISSN: 2808-1218, 55-67.

Jusriana., Muh, Y., dan Halimah, H. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Menggunakan Instrumen Three Tier Multiple Choice Diagnostic Test Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA Negeri 9 Bone. Jurnal Chemica, 23(1), 99-110.

Sheppard, Keith. (2006). High School Students’ Understanding of Titrations and Related Acid-base Phenomena. Chemistry Education Research and Practice, Vol. 7 (1): 32-45.

Sinambela, P. N. J. M. (2013). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dala Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).

Sulastry, T., Nur, A.R., dan Netti, H. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Asam Basa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(1), 142-151.

Widyastuti, A., dkk. (2022). Media dan Sumber Belajar. Medan: Yayasan Kita Menulis.


Article Metrics

Abstract view : 85 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats