Pengaruh Crossword Puzzle pada Model Discovery Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 8 Makassar (Pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i2.65650
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetehui pengaruh crossword puzzle pada Model Discovery Learning terhadap minat dan hasil belajar peserta didik Kelas XI MIPA SMAN 8 Makassar pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia. Pengambilan sampel penelitian diambil secara acak sehingga diperoleh kelas XI MIPA 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelompok kontrol. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Rata-rata minat belajar kelompok eksperimen 81,21 lebih tinggi dari rata-rata minat belajar kelompok kontrol 77,79. Rata-rata hasil belajar untuk kelompok eksperimen adalah 87,30 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelompok kontrol yaitu 84,73. Hasil uji prasyarat analisis statistik inferensial minat dan hasil belajar menunjukkan bahwa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak terdistribusi normal dan berasal dari populasi yang homogen, sehingga uji hipotesis menggunakan uji non parametrik yakni uji Mann-Whitney, untuk minat belajar diperoleh Zhitung = 1,84 dan nilai Ztabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 1,65 yang memperlihatkan bahwa Zhitung>Ztabel (1,84>1,65). Hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa Zhitung = 6,66 dan nilai Ztabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 1,65 yang memperlihatkan bahwa Zhitung>Ztabel (6,66>1,65). Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Crossword Puzzle pada Model Discovery Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 8 Makassar pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia.
ABSTRACT
This research is quasi-experimental research which aims to determine the effect of the crossword puzzle in the Discovery Learning Model on the interest and learning outcomes of Class XI MIPA students at SMAN 8 Makassar on the main material of Chemical Equilibrium. The research samples were taken randomly to obtain class XI MIPA 3 as experimental group and class XI MIPA 4 as control group. Data analysis was carried out using descriptive and inferential statistics. The average learning interest in experimental group was 81.21 higher than the average learning interest in control group, 77.79. The average learning outcome for experimental group was 87.30, higher than the average learning outcome for control group, namely 84.73. The prerequisite test results for inferential statistical analysis of interest and learning outcomes show that experimental group and control group are not normally distributed and come from a homogeneous population, hypothesis test uses a non-parametric test, namely the Mann-Whitney test, for learning interest obtained Zcount = 1.84 and The Ztable value at the 0.05 significance level is 1.65, which shows that Zcount>Ztable
(1.84>1.65). The students' learning results show that Zcount = 6.66 and the Ztable value at the 0.05 significance level is 1.65, which shows that Zcount>Ztabel (6.66>1.65). Based on the results of this analysis, it can be concluded that there is an influence of the Crossword Puzzle in Discovery Learning Model on the Interest and Learning Outcomes of Class XI MIPA Students at SMAN 8 Makassar on the Main Material of Chemical Equilibrium.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anjelina, R., Elvinawati, E., & Nurhamidah, N. 2021. Studi Perbandingan Hasil Belajar Kimia Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning pada Materi Larutan Penyangga. ALOTROP, 5(1), 27-34.
Basir, N. E. S. 2017. Pengaruh Media Crossword Puzzle dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas IA SMA Negeri 2 Makassar (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia). Makassar:UNM.
Dagmar, F. Z. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Energi dalam Sistem Kehidupan Kelas VII di SMPN 34 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1(7), 1-7.
Fimansyah, D. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA, 3(1).
Irmayanti & Amalia, R. 2022. Pengaruh Media Crossword Puzzle terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains. 1(1).
Kemendikbud. 2013. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kemendikbud.
Mudawamah, S. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia kelas X SMKN 1 Panggul. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 3(3), 12-20.
Retno, D. W., Nuriman., & Agustiningsih. 2015. Penggunaan Media Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV B SD Negeri Jember Lor 02 pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Perubahan Penampakan pada Bumi dan Benda Langit Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1-4.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Wahyuningtyas, R, & Bambang, S. S. 2020. Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Jurnal Basteedu. 2(1).
Winkel. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Zamzani, N. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-teki Silang) terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SDN Kalukuang Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Makassar: Unismuh.
Article Metrics
Abstract view : 107 times | PDF view : 16 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.