Pengembangan E-modul Berbasis Mind Mapping dengan Pendekatan Case Study pada Materi Termokimia di SMA Negeri 5 Medan
(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i2.65172
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kebutuhan pengembangan e-modul berbasis mind mapping dengan pendekatan studi kasus untuk mendukung pembelajaran materi termokimia di SMA Negeri 5 Medan, (2) menilai kelayakan e-modul yang dikembangkan menurut standar BSNP, (3) mengetahui respons siswa/i kelas XI MIPA terhadap e-modul, dan (4) mengukur hasil belajar siswa/i setelah menggunakan e-modul tersebut. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Analisis menunjukkan bahwa siswa/i mengalami kesulitan dalam memahami materi termokimia hanya dengan buku teks. E-modul telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, mencapai kriteria sangat layak dengan skor 3,3 dari nilai maksimal 4. Respons siswa/i terhadap e-modul sangat memuaskan (88,11%). Penggunaan e-modul meningkatkan rata-rata nilai posttest siswa/i menjadi 85, melampaui nilai KKM (78). Analisis statistik menunjukkan efektivitas signifikan (Sig = 0,01), di mana 0,01 < 𝛼 (0,05). Dengan demikian, Ha diterima, yang berarti hasil belajar siswa menggunakan e-modul berbasis mind mapping dengan pendekatan case study pada materi termokimia lebih besar dari 78.
ABSTRACT
This research aims to (1) analyze the need for developing e-modules based on mind mapping with a case study approach to support learning thermochemical material at SMA Negeri 5 Medan, (2) assess the feasibility of e-modules developed according to BSNP standards, (3) know responses class XI MIPA students towards the e-module, and (4) measure student learning outcomes after using the e-module. The research method uses Research and Development (R&D) with the ADDIE model. Analysis shows that students have difficulty understanding thermochemical material using only textbooks. The e-module has been validated by media experts and material experts, achieving very feasible criteria. Student responses to the e-module were very satisfactory (88.11%). The use of e-modules increased the students' average posttest score to 85, surpassing the KKM score (78). Statistical analysis shows significant effectiveness (Significance = 0.01) in improving student learning outcomes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Admelia, M., Farhana, N., Agustiana, S. S., Fitri, A. I., & Nurmalia, L. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva dalam Pembuatan Modul Pembelajaran Interaktif Hyper Content di Sekolah Dasar Al Ikhwan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 177.
Amdayani, S., Dalimunthe, M., & Nasution, H. A. (2022). Pengaruh Modul Termokimia Berbasis STEM terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Kimia. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 12(2), 95-101.
Anwar, A. H. (2019). Pembelajaran Biologi Berbasis Proyek Terintegrasi Stem (Pjbl-Stem) Untuk Memfasilitasi Perubahan Konsepsi Siswa Pada Materi Reproduksi Sel (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Pt Bumi Aksara.
Aryanti, Y., Kurniawan, D., & Kusumawati, D. (2019). Pengembangan E-Modul Materi Koloid Berbasis Cognitive Apprenticeship. Jurnal Pendidikan Kimia Dan Terapan, 3(1), 18–25.
Asmiyunda, A., Guspatni, G., & Azra, F. (2018). Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Kelas XI SMA/Ma. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 155-161.
Cheva, V. K., & Zainul, R. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Untuk SMA/MA Kelas X. Jurnal Edukimia, 28-36.
Dalimunthe, M., & Dalimunthe, Q. R. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Ikatan Kimia. Js (Jurnal Sekolah), 7(2), 318-324.
Darsih, R. F., Silitonga, F. S., & Pardi, H. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Mind Mapping Pada Materi Hidrokarbon (Doctoral Dissertation, Universitas Maritim Raja Ali Haji).
Eka, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Literasi Bahasa Dan Numerasi Di Kelas Iv Sd (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung.
Fatimah, S., & Rahardjo, S. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia Dan Terapan, 5(1), 1–8. Gramedia Literasi. (2021. "Studi Kasus." Diakses Dari Https:// Www. Gramedia. Com /Literasi/Studi-Kasus/.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ...& Indra, I. (2021). Media Pembelajaran. Jawa Tengah: Tahta Media Group.
Kalsum, S., Poppy, K, D., Masmiami., & Hasmiati, S. (2009). Kimia 2 : Sma Dan Ma Kelas Xi. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Larasati, A. D., Lepiyanto, A., Sutanto, A., & Asih, T. (2020). Pengembangan Modul Terintegrasi Nilai-Nilai Islam pada Materi Sistem Respirasi. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(1), 1-9.
Lestari, D. D., & Muchlis, M. (2021). E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching And Learning Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25-33
Mufida, L., Subandowo, M. S., & Gunawan, W. (2022). Pengembangan E-Modul Kimia Pada Materi Struktur Atom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jipi (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(1), 138-146.
Mustafa, S. R., & Bakar, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Pai. Jocs (Riau Journal Of Computer Science), 9(1), 45-52
Pratama, A. Y., Chasanatun, F., & Lestari, S. (2023). Pengaruh E-Modul (Elektronik Lkpd) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Ipas Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 1479-1487.
Putra, M. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Koloid Sma (Doctoral Dissertation, Universitas Jambi).
Rahayu, O., Putri, D. H., & Risdianto, E. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Materi Momentum Dan Impuls Berbasis Mind Mapping Di Sman Kota Bengkulu. Amplitudo: Jurnal Ilmu Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 27-34.
Yusnidar, Y., & Syahri, W. (2022). Implementasi Microlearning Berbasis Case Study Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 71-77.
Article Metrics
Abstract view : 241 times | PDF view : 27 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.