Pengaruh Metode Quiz Team dalam Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Gowa (Materi Pokok Larutan Penyangga)

Siti Zhaafira RH(1), Sumiati Side(2*), Hardin Hardin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i2.62136

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode quiz team dalam model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar kimia peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 3 Gowa. Populasinya adalah seluruh kelas XI MIA SMA Negeri 3 Gowa yang tersebar dalam 7 kelas. Sampelnya adalah XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik masing-masing 34 dan 36 orang. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan teknik undian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi sejumlah 20 item dan tes hasil belajar pilihan ganda sejumlah 20 item pada materi pokok larutan penyangga. Oleh karena uji prasyarat tidak normal dan tidak homogen maka digunakan uji statistik non-parametrik (Mann-Whitney). Zhitung hipotesis 1 = 5,29 dan Zhitung hipotesis 2 = 3,13 pada taraf signifikan α = 0.05 diperoleh Ztabel = 1,64. Oleh karena itu, Zhitung>Ztabel maka H1 diterima H0 ditolak baik hipotesis 1 maupun hipotesis 2. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode quiz team dalam model pembelajaran discovery learning baik terhadap motivasi maupun terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 3 Gowa pada materi pokok larutan penyangga

Keywords


Metode Quiz Team, Model Discovery Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Larutan Penyangga

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2016. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmadi, H. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. Vol. 5. No. 2.

Hermanto, Bambang. 2018. Penerapan Model Discovery Learning dengan Variasi Team Quiz sebagai Upaya Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia pada Materi Struktur Atom. Jurnal FMIPA Unimus. Vol. 2. No. 1. ISBN: 978-602-5614-35-4.

Jurinto. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X.B SMA Negeri 1 Indralaya Selatan Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tim Kuis. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia. 2(1), 35-43.

Pamularsih, Bening., dan Samsi Haryanto. 2020. Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Koloid. Journal of Educational Evaluation Studies (JEES). Vol. 2. No. 1: 91-102.

Shobirin. 2016. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Budi Utama.

Sulistyowati, Anik. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Quiz Team untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Materi Pemerintah Kabupaten dan Kota pada Siswa Kelas IV SD 4 Kaliwungu. Jurnal Prakarsa Paedagogia. Vol. 1. No. 2.


Article Metrics

Abstract view : 72 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats