Pengaruh Metode Tutor Sebaya (Peer Teaching) pada Model Problem Solving terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 9 Makassar pada Materi Pokok Asam dan Basa

Miratun Aini(1), Army Auliah(2*), Halimah Husain(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i1.61378

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian quasy experiment yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan metode tutor sebaya pada model problem solving terhadap hasil belajar kimia peserta didik kelas XI MIA SMAN 9 Makassar pada materi pokok asam dan basa. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA SMAN 9 Makassar yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel diperoleh secara acak dan terpilih kelas XI MIA 6 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah peserta didik 28 orang dan kelas XI MIA 7 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik 28 orang. Kelompok eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan metode tutor sebaya pada model problem solving sedangkan kelompok kontrol dibelajarkan dengan model problem solving tanpa menggunakan metode tutor sebaya. Variabel bebas pada penelitian ini adalah metode tutor sebaya pada model problem solving dan variabel terikat adalah hasil belajar peserta didik. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan nilai rata-rata posttest peserta didik kelompok eksperimen yaitu 82,86 dan nilai rata-rata posttest peserta didik kelompok kontrol yaitu 74,92. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 2,80 dan pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 54 diperoleh ttabel = 2,00. Oleh karena itu, thitung > ttabel, maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Tutor Sebaya pada model Problem Solving berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 9 Makassar pada Materi Pokok Asam dan Basa.

ABSTRACT
This research is a quasi-experiment that aims to know the influence of peer teaching method in problem solving model toward student achievment of students class XI SMAN 9 Makassar Study on Acid and Bases Solution. Posttess-Only Control Design is the design of this research. The population research are students of classes XI MIA SMAN 9 Makassar that consists of seven classes. The sample is taken randomly so the XI MIA 6 class is chosen as the experiment group with 28 students and XI MIA 7 class as the control group with 28 students. The experiment group is teaching by using the Peer teaching method in problem solving model meanwhile the control group is using the problem solving model without peer teaching method. The independent variable in this study is peer teaching in problem solving model and the dependent variable is the student achievment. The student achievement obtained is analyzed by using descriptive statistic and inferential statistic. The descriptive statistic analysis result show the average velue of experiment group students posttest is 82,86 and the control group is 74.92. The inferential statistic analyisis result show that the data is distributed normally and homogeneously. The results of hypothesis testing using t-test values obtained tcount = 2.80 and α = 0.05 significance level with df = 54 obtained ttable = 2.00. Therefore, tcount> ttable, then H1 is accepted and H0 is rejected. Peer Teaching Method in Problem Solving Model is Influencing the Student Achievment of Students Class XI MIA SMAN 9 Makassar Study on Acid and Bases Solution.

Keywords


Tutor Sebaya, Problem Solving, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anas, Muhammad. 2014. Mengenal Metode Pembelajaran. Apasuruang: Penerbit CV. Pustaka Hulwa.

Arjanggi, Ruseno. 2010. Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri The Effectiveness Of Peer Tutoring Method On Self-Regulated Learning Abstract. 14(2): 91–97.

Dimyati dan Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ishartono Bayu, Ashadi dan Endang Susilowati. Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Peer Tutoring Dilengkapi Hierarki Konsep Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Dan Hasil Belajar Materi Stoikiometri Pada Siswa Kelas X IPA 6 SMAN 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Surakarta. 4 (1): 10-19.

Jusniar. 2009. Pengaruh Penggunaan Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMAN 1 Bajeng . 10 (1): 36 – 43.

Kemendikbud. 2013. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No.22 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Musfiqon dan Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Purnama, Mariati Simanjuntak. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Video Terhadap Metakognisi Dan Pemahaman Konsep Fisika. 3 (1): 8 – 15.

Putra, Delly Praditya Mandala, Putra, Suara. 2014. Model Pembelajaran Problem Solving Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar PKN Kelas V SD Gugus Srikandi Denpasar. Singaraja. 2 (1).

Saumi, Marhamah and K. W. Anom. n.d. Peningkatan Hasil Belajar Kimia Melalui Peran Tutor Sebaya Siswa Kelas X . A SMA.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA Slameto. 2003. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Suprijadi, Didi. 2010. Pengaruh Tutor Sebaya Terhadaap Hasil Belajar. Jakarta. 3 (2): 127–35.

Wu, H.K., Krajcik, J.S., & Soloway, E. 2000. Promoting Understanding of Chemical Representations: Students’ Use of a Visualization Tool in the Classroom. Journal Of Research In Science Teaching, 38 (7): 821-842.

Yasin, Mohamad. 2016. Http://efektor.unpkediri.ac.id.28. 2(1): 28-32.


Article Metrics

Abstract view : 7 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats