Efektivitas Media Interaktif Nearpod dalam Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 18 Makassar (Studi pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia)

Siti Zurfiani Devi Rahman(1), Sumiati Side(2*), Ramdani Ramdani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i3.60830

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan umtuk mengetahui efektivitas media interaktif Nearpod dalam model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 18 Makassar. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Subjek penelitian pada kelas XI MIPA 4 dengan jumlah peserta didik 35 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes pada materi pokok kesetimbangan kimia berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statitik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) ketuntasan kelas tercapai 80%, (2) rata-rata nilai N-gain hasil belajar peserta didik diperoleh 0,69 yang berada pada kategori sedang dan Nilai N-gain pada tiap indikator rata-rata diperoleh 0,71 dan berada pada kategori tinggi, (3) Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dalam proses pembelajaran adalah 94,44% dan berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan nilai N-gain yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media interaktif Nearpod dalam model Discovery Learning berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,69 terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 18 Makassar pada materi pokok kesetimbangan kimia.

ABSTRACT
This research is a desriptive study that aims to determine the effectiveness of Nearpod interactive media in the Discovery Learning model on the learning outcomes of students in class XI MIPA 4 SMA Negeri 18 Makassar. this research was conducted in the odd semester of the 2023/2024 academic year. Research subjects in class XI MIPA 4 withtital of 35 students. The research data were obtained by giving test on the subject matter of chemical equilibirum in the form of pretest and posttest. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis. Based on the results of the study obtained (1) Class completeness reached 80%, (2) The averaged N-gain value of student learning outcomes obtained 0.69 which is in the medium category and the N-gain value on each indicator on average obtained 0.71 and is in the high category, (3) The average learning
implementation in the learning process is 94.44% and is in the very good category. Based on the N-gain value obtained, it can be concluded that the Nearpod interactive media in the Discovery Learning model is in the medium category with an average N-gain value of 0.69 on improving the learning outcomes of students in class Xi MIPA 4 SMA Negeri 18 Makassar on the subject matter of chemical equilibrium.

Keywords


Efektivitas; Media Interaktif Nearpod; Model Discovey Learning; Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Danial,M., Rano, F.Y., & Herawati, N. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Berbasis Masalah pada Materi Larutan Asam dan Basa. Chemistry Education Review, 5(2), 129-139.

Darmadi, H. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Govindarajan, R. 2021. Exploiting Gamification and Interactive Activities to Achieve Better Students’ Engagement in ELT Classes. Arab World English Journal, 2, 238–251.

Herwawan, N. M., & Panjaitan, N. B. 2022. The Influence Of Using Nearpod To Improve Student’s Vocabulary In Learning English As Foreign Language.

Kurniawan, A. B., & Rusly, H. 2021. Efektivitas Permainan Zuper Abase Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Asam Basa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains. 5(2), 92-97.

Pramesti, A. D., Siti. M., Sekar D. A. 2023. Media Interaktif Nearpod Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Education, 9(1), 379-385.

Rejeki, N. S., & Suwardi, S. 2019. Pengaruh Kemampuan Guru Dalam Mengelola Kelas Terhadap Pembelajaran Efektif Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(1), 37.

Sardiman, A. M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sari, S. D. C., Mulyani, B., dan Utami, B. 2013. Penerapan Siklus Belajar 5e (Learning Cycle 5E) Dengan Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Dan Hasil Belajar Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Kartasura. Jurnal Pendidikan Kimia. 2(1): 1-6.

Sumarni, S. 2020. Principal Supervision In Increasing Elementary School Teacher’s Performance. Primary: Jurnal Pendidikan Pendidik Sekolah Dasar, 9(3), 359.

Uno, H.B., & Mohammad, N. 2011. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi aksara.


Article Metrics

Abstract view : 48 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats