Pengembangan Liveworksheet Sistem Koloid Berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMAN 1 Pamboang

Nurlinda Nurlinda(1), Army Auliah(2*), Hardin Hardin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v6i1.60618

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Liveworksheet yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan Liveworksheet ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluate). Sumber data pada penelitian ini ada empat, yaitu ahli media dan ahli materi sebagai uji kevalidan, guru mata pelajaran kimia sebagai uji kepraktisan serta peserta didik kelas XI 5 berjumlah 25 orang sebagai uji kepraktisan dan keefektifan. Instrumen yang digunakan untuk kevalidan yaitu lembar validasi oleh ahli media dan ahli materi, kepraktisan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran Liveworksheet, angket respon guru dan peserta didik, serta keefektifan yaitu angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini adalah: (1) rata-rata validitas Liveworksheet dari ahli materi sebesar 3,63 dan ahli media sebesar 3,66 yang berada pada kategori valid dengan uji konsistensi antar validator sebesar 1,0 yang berada pada kriteria sangat tinggi, (2) rata-rata persentase kepraktisan Liveworksheet berdasarkan keterlaksanaan media adalah 100%, dan rata-rata kepraktisan berdasarkan angket respon peserta didik dan guru terhadap Liveworksheet berturut-turut sebesar 4,31 dan 4,43 dengan kategori tinggi, 3) Liveworksheet memenuhi kriteria efektif (≥85%) berdasarkan pencapaian ketuntasan kelas dengan persentase 88%, dan berdasarkan motivasi belajar dengan pemberian angket awal dan angket akhir didapatkan hasil nilai N-Gain sebesar 0,55 (kategori sedang). Berdasarkan data tersebut, disimpulkan bahwa Liveworksheet Sistem Koloid berbasis Discovery Learning yang dikembangkan dengan model ADDIE bersifat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Keywords


ADDIE, Liveworksheet, Sistem Koloid

Full Text:

PDF

References


Andriani, R., & Rasto. 2019. Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Junal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 4(1).

Andriani, S. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SDN Mayangan 6 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI). 10(1), 101-118.

Asmarnis, Yuhelman, N., & Murwindra, R. 2016. Media dan Efektivitas Belajar Siswa untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berdaya Saing Tinggi. Jurnal Zarah, 4(1).

Cahyadi, R. A. H. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 35-43.

Dewi, N. M. A. K., Nyoman, S., Made W. A. K., & Made, G S. 2014. Pengembangan Instrumen Pen,ilaian Kinerja Penggabungan Gambar 2D ke Dalam Sajian Multimedia. Jurnal Pendidikan Teknik Informatika, 3(1), 73-77.

Fuad, A., Hilda K., dan Muhiddin P. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran E-Magazine sebagai Sumber Belajar Biologi Peserta didik Kelas XII. Jurnal Biology Teaching and Learning, 3(1), 38-45.

Hayati, S., Agus S. B., dan Erfan H. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015. Volume IV.

Khikmiyah, F. 2021. Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12.

Kusumaningtyas, R., Ina, M. S., & Nika, K. 2020. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Model dan Media Pembelajaran bagi Generasi Z. Jurnal Warta LPM, 23(1), 54-62.

Kurniawan, C., & Dedi, K. 2021. Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital pada Pembelajaran Abad 21. Lamongan: Academia Publication.

Meliawati, R. 2019. Pemahaman konsep sifat jari-jari atom dan keeloktronegatifan pada mahasiswa pendidikan kimia semester IV tahun ajaran 2016/2017 hasil pembelajaran menggunakan model discovery learning. Jurnal ilmiah kanderang tingang, 10(1), 38-45.

Monika, G. 2018. Pengembangan Bahan Ajar E-LKPD Menggunakan Software 3D Pageflip pada Materi Sifat Koligatif Larutan di Kelas XII SMAN 1 Bantanghari. Jurnal Pendidikan Kimia.

Nieveen, N. 1999. Improving curriculum developers’ formative evaluation through an electronic performance support system. Dalam T. Plomp, & N. Nieveen (Eds.), Educational design research. Enschede, the Netherlands: SLO.

Salsabila, U H., dkk. 2020. Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-13.

Sardiman, M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta.

Sholehah, F., Sunarto, S., & Gazali, M. 2021. Pengembangan E-Lkpd Berbasis Kontekstual Menggunakan Liveworksheets Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas Vii Smp Ahmad Dahlan Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Ummah, K. S. 2021. Media Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Yamasari, Y. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas Seminar Nasional Pascasarjana. X-ISBN No 979545-0270-1.

Yunita, H., & Sholeh, M. 2021. Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Media Penunjang Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(2), 377–388.


Article Metrics

Abstract view : 27 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats