Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Book Creator dalam Model Discovery Learning pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI MIPA SMA Kartika XX-1 Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i3.59799
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan komik digital dalam model discovery learning dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dan menghasilkan produk berupa komik digital pada materi pokok kesetimbangan kimia yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap pengembangan yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) kevalidan dari ahli media dan materi, masing-masing sebesar 3,42 dan 3,6 yang termasuk dalam kategori sangat valid, (2) kepraktisan dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan peserta didik berturut-turut sebesar 98,66%, 91%, dan 93% yang termasuk dalam kategori sangat praktis, (3) keefektifan dari angket minat belajar mencapai 89% dan ketuntasan kelas sebesar 88% sehingga termasuk dalam kategori efektif. Berdasarkan data tersebut, disimpulkan bahwa komik digital berbasis Book Creator yang dikembangkan dengan model ADDIE dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
ABSTRACT
This research is a research and development that aims to describe the stages of digital comic in the discovery learning model using the ADDIE development and produce a digital comic on the subject matters of chemical equilibrium that are valid, practical, and effective. This development refers to the ADDIE model which includes analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results of this research are: (1) the validity of the media and material expert, respectively 3,42 and 3,6 which is included in the very valid category, (2) the practically of the learning implementation observation sheet, the teacher and student response questionnaires successively equal to 98,66%, 91%, and 93% which are included in the very practical category, (3) the effectiveness of the learning interest questionnaires which reached 89% and learning outcomes test that achieves class completeness is 88% that it is included in the effective category. Based on these data, it was concluded that the digital comic based on Book Creator developed with the ADDIE model was stated to be valid, practical, and effective for use in learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aliifah, Ninditya Jihan., Munasprianto Ramli., dan Luki Yunita. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Webtoon Terintegrasi STEM pada Mata Pelajaran Kimia Materi Gaya Antarmolekul. SPIN-Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia. 5(1). 112-126.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Fitria, Ramadhan. 2022. Panduan Praktis Merancang Buku Digital Berbasis Book Creator. Solok: Sagusatal.
Hayati, S., Agus S. B., dan Erfan H. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015. Volume IV.
Kaleka, Melkyanus Bili Umbu., Simon Petrus., dan Daniel Wolo. 2022. Penggunaan Media Komik pada Materi Gerak Lurus untuk Mengetahui Minat Belajar Peserta Fisika Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 4 Nomor 3.
Meliawati, R. 2019. Pemahaman Konsep Sifat Jari-jari Atom dan Keelektronegatifan pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Semester IV Tahun Ajaran 2016/2017 Hasil Pembelajaran Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 10(1), 38-45.
Minarni., Affan Malilk., dan Fuldiaratman. 2019. Pengembangan Bahan Ajar dalam Bentuk Media Komik dengan 3D Page Flip pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol 13 No 1.
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Mustaming, Akhmad. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-Komponen Sistem Pengoperasiannya dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Otomotif SMK Negeri 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori dan Praktek. Vol.3. No.1.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suprianingsih, Nelis., Elvi Yenti dan Yenni Kurniawati. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Komik Terintegrasi Islam pada Materi Hakikat Ilmu Kimia. Journal of Chemistry Education and Integration. Vol 1 No 1.
Syarifuddin, Mutia Salsabila., Taty Sulastry., dan Sudding. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Aplikasi Android yang Diguanakan dalam Model Discovery Learning pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi. Jurnal ChemEdu. Vol. 4 Nomor 3.
Ummah, Khoiruli Siti. 2021. Media Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Wati, Farida Septiana., Ulya Lathifa., dan Wirda Udaibah. 2019. Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Unity of Sciences (UoS) dan Multilevel Representasi. Jurnal Thabiea. Vol 02 No 02.
Article Metrics
Abstract view : 55 times | PDF view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.