Pengaruh Media ChemOnDro pada Model Discovery Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 16 Makassar (Studi pada Materi Pokok Sistem Koloid)

Greivan Hugger Ratuan(1), Muhammad Danial(2*), Ahmad Fudhail Majid(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i1.58872

Abstract


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media ChemOnDro pada model discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMAN 16 Makassar pada materi pokok sistem koloid. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 16 Makassar yang berjumlah 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sehingga diperoleh kelas XI MIPA 2 berjumlah 33 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIPA 4 berjumlah 33 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket motivasi dan tes hasil belajar di akhir pertemuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Mann-Whitney. Analisis motivasi belajar diperoleh nilai Ȥhitung = 6,07 dengan Ȥtabel = 1,64 pada taraf signifikansi "α" = 0,05; dan analisis hasil belajar diperoleh nilai Ȥhitung = 6,06 dengan Ȥtabel = 1,64 pada taraf signifikansi "α" = 0,05. Berdasarkan hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media ChemOnDro pada model discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMAN 16 Makassar pada materi pokok sistem koloid.

Keywords


ChemOnDro, discovery learning, motivasi belajar, hasil belajar, sistem koloid

Full Text:

PDF

References


Ansyar, M. 2015. Kurikulum: Hakikat, Pondasi, Desain dan Pengembangan. Jakarta: Penerbit Kencana

Hasan. 2021. Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group

Hidayat, R. & Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: Penerbit LPPPI

Lubis, R, I., Solihah, M., Sugiyarto, K,H., & Ikhsan, J. 2015. Pengembangan Media Mobile Learning “ChemOnDro” berbasis Android sebagai Suplemen Belajar Peserta didik SMA. Seminar Nasional Pendidikan Sains. ISSN: 2407-4659

Pamularsih, Bening., dan Samsi Haryanto. (2020). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Koloid. Journal of Educational Evaluation Studies (JEES). 2(1): 91-102.

Sani, R, A. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: RajaGrafindo Persada

Santi., Leny., & Suharto, B. 2019. Model Project Based Learning Berbantuan Media “ChemOnDro”, Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Vidya Karya. 34(2), 122-131

Suryani, N., Muhammad, A., & Muhammad, D. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) terhadap Kesadaran Metakognisi dan Penguasaan Konsep Larutan Penyangga Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMAS Makassar Raya. Chemistry Education Review. 2(1): 100-116

Yektyastuti, R., Solihah, M., Prasetyo, Y, D., Mardiana, T., Ikshan, J., & Sugiyarto, K, H. 2015. Penggunaan Media Pembelajaran Kimia “ChemOnDro” pada Materi Kelarutan dan Pengaruhnya terhadap Kemandirian Belajar Peserta didik SMA. Seminar Nasional Pendidikan Sains V. ISSN: 2407-4659


Article Metrics

Abstract view : 18 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats