Pengaruh Video Pembelajaran Interaktif Berbantuan Edpuzzle pada Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pinrang (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i2.50850
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran interaktif berbantuan edpuzzle pada Model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pinrang pada materi pokok larutan penyangga. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi ekperimen dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI MIPA yang berjumlah delapan kelas. Pengambilan Sampel penelitian dilakukan mengunakan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas XI MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda untuk memperoleh data hasil belajar. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 80,85 lebih tinggi dari kelompok kontrol yaitu 75,16. Prasyarat analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa data kelas eksperimen dan kelompok kontrol berasal dari populasi yang homogen tetapi tidak terdistribusi normal sehingga uji hipotesis yang digunakan adalah uji Mann-Whitney. Dari data hasil analisis tersebut terlihat bahwa Zhitung (2,20) > Ztabel. (1.64), sehingga dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran interaktif berbantuan edpuzzle pada model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 pinrang pada materi larutan penyangga
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the effect of of interactive learning video based on edpuzzle in Discovery Learning Model on student learning outcomes of class XI MIPA Students of SMA Negeri 1 Pinrang subject matter of buffer solution. The research method used was a quasi-experimental with a quantitative approach and using a posttest-only control group design. The research population were all of class XI MIPA with a total of 8 classes. The research sample was taken using a random sampling teque in order to obtain class XI MIPA 2 as the experimental class with 34 student and class XI MIPA 4 as the control class with 36 student. The data collection technique used multiple choice tests to obtain data of learning outcomes. Data analysis was conducted using descriptive and inferential statistics. The results of statistical analysis obtained that the experimental class average learning outcomes was 80,85 higher than the control class, was 75,16. The results of statistical analysis of learning outcomes showed that the experimental and control class data came from a homogeneous population but not normally distributed so that the test used was the Mann-Whitney test. From data analysis, it showed Zcount (2,20) > Ztable. (1.64). Based on data analysis, it could be concluded that there was an effect of of Interactive Learning Video Based on Edpuzzle in Discovery Learning Model on Student Learning Outcomes of Class XI MIPA Students of SMA Negeri 1 Pinrang Subject matter of buffer solution
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amaliah. (2020). Implementation of Edpuzzle to Improve Student’s Analytical Thinking Skill in Narrative Text. Jurnal Ilmu Bahasa Inggris dan Sastra Program Studi Sastra. 14(!), 35-44
Budi Purwanti. 2015. Pengembangan Medi Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Vol 3 No.1
Fathina, Dewi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta didik SD Kelas IV dalam Mata Pelajaran IPA pada Materi Gaya. Skripsi. Sumedang: Universitas Pendidikan Indonesia
Hidayat. 2021. Penerapan Platform Google Classroom dan Edpuzzle untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh pada materi sejarah islam. Al-Hasanah: Islamic Religious Education Journal. 6(2). 254-273
Kemendikbud. 2013. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kemendikbud
Septikasari, R. & Frasandy, R., N. 2018. Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad. 7(2) 112-122
Silverajah, V. S. G., & Govindaraj. A.. 2018. The use of edpuzzle to support low achiever’s development of self-regulated learning and their learning of chemistry. ACM International Conference Procedding Series, 259-263
Trilling, B dan Fadel,C. 2009. 21th Century Skill : Learning for Life in Our Times. San Fransisco : John Wiley & Sons, Inc
Article Metrics
Abstract view : 143 times | PDF view : 13 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.