Pengaruh Metode Two Stay Two Stray dalam Metode Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 17 Bone (Studi pada Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit

Husna Hadi Rosadi(1), Halimah Husain(2*), Taty Sulastry(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i1.50730

Abstract


Penelitian eksperimen semu bertujuan mengetahui pengaruh metode two stay two stray dalam model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 17 Bone. Desain penelitian adalah posttest-only control design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 17 Bone yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X MIPA 2 kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Variabel bebasnya adalah metode two stay two stray dalam model inkuiri terbimbing, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 17 Bone pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Instrumen penelitian yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Hasil uji prasyarat statistik inferensial menunjukkan bahwa data kelas eksperimen dan kelas kontrol berasal dari populasi yang homogen tetapi kelas kontrol tidak terdistribusi normal, sehingga uji hipotesis yang digunakan adalah uji non parametrik yaitu uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode two stay two stray dalam model inkuiri terbimbing dalam model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 17 Bone pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit

Keywords


metode two stay two stray, model inkuiri terbimbing, hasil belajar, larutan elektrolit dan nonelektrolit

Full Text:

PDF

References


Arlinda. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV B SDN 21 Sitorajo Kecamatan Kuantan Tengah. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Dan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Vol. 6, No. 2, ISSN 2303-1514.

Astutik, Idha Zuly, Saptorini dan Ersanghono Kusumo. 2017. Kontribusi Metode Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 11, No. 1.

Badlisyah, Teuku dan Juniana Fitri Amsa. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Oksidasi dan Reduksi di SMA Bina Bangsa Aceh Besar. Jurnal Lantanida, Vol. 6, No. 1.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Idrus. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920-935.

Restiyah, N. K. (1998). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudria, I. B. N. 2012. Layanan Terhadap Guru: Pembelajaran Sains Aspek Kimia pada Guru-Guru IPA SMP. Jurnal Ngayah, Vol. 3, No. 4.

Wulandari, Krisenciana Firija Nuri, Sajidan, dan Sugiyarto. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri di Padukan dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray pada Materi Sistem Ekskresi untuk Memberdayakan Kemampuan Analisis dan Komunikasi Siswa. Jurnal Inkuiri, Vol. 6, No. 2.


Article Metrics

Abstract view : 8 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats