Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 SMAN 1 WONOMULYO (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i3.50697
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model project based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi pokok larutan penyangga. Desain penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design dengan subjek penelitian kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Wonomulyo yang berjumlah 31 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model project based learning. Variabel terikatnya adalah motivasi dan hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah pemberian tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Data penelitian ini dianalisis menggunakan uji N-Gain dan didapatkan hasil nilai N-gain motivasi belajar sebesar 0,4 (kategori sedang) dan nilai N-Gain untuk hasil belajar peserta didik sebesar 0,72 (kategori tinggi) dilanjutkan dengan uji statistik inferensial hasilnya t hitung lebih besar dari 1,697 dengan tingkat kepercayaan 5%. Dari hasil ini dapat diketahui bahwa model project based learning efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.
ABSTRACT
The purpose of this study is to determine the effectiveness of the project-based learning model in increasing motivation and learning outcomes of students on the subject of buffer solutions.The research design is one group pre and posttest design which involved 31 students in class XI MIPA 1 at SMAN 1 Wonomulyo as the subject.The independent variable in this study is the project-based learning model while the dependent variable is students' motivation and learning outcomes. The data collection technique is the administration of an initial test (pretest) and a final test (posttest) and is analyzed using the N-Gain test. The results obtained were the N-Gain value of learning motivation 0.4 (moderate classification) and the N-Gain value of students' learning results 0.72 (high classification) followed by inferential statistical test with the value of r count more than 1,697 with a confidence level 5%. From these results, it can be seen that the project based learning model is effective in increasing student motivation and learning outcomes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2016. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
Azwar, S. 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Hake, R.R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: Six- Thousand Student Survey Of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal Of Physics. Vol. 66. No.1.
Hamidah, I., & Citra, S. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307-314
Insyasiska, D., Siti, Z., & Herawati, S. 2015. Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreatifitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 9-23.
Jahja, Y. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenadamedia.
Rumhadi, T. 2017. Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan. 11(1), 33-41
Sahrul, S., Baiq, M., Abdul, M., & Surya, F. (2022) Korelasi Keterlaksaan Pembelajaran Biologi dengan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Subana., Moersetyo, R., & Sudrajat. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Tiro, M. A. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Uno, H. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara Bandung.
Wahyuningsih, E. S. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish
Wangi, N., S., B., S. & Yayuk, C., M. 2022. Model Pembelajaran. Lamongan: Academia Publication
Article Metrics
Abstract view : 54 times | PDF view : 6 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.