Pengaruh Kuis Di Awal pada Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Angkasa Maros (Studi Pada Materi Larutan Penyangga)

Khaerunnisa Khaerunnisa(1), Muharram Muharram(2*), Netti Herawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i2.39442

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kuis di awal pada model Discovery Learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik SMA Angkasa Maros tahun ajaran 2021/2022 pada materi larutan penyangga. Desain penelitian adalah posttest only control group design terhadap sampel yang digunakan secara random sampling. Populasi adalah peserta didik kelas XI MIA SMA Angkasa Maros yang terdiri dari empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sehingga diperoleh kelas XI MIA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah masing-masing 24 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian angket motivasi dan tes hasil belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney, untuk motivasi belajar diperoleh Zhitung = 1,90 > Ztabel = 1,64 pada taraf signifikan () = 0,05. Sedangkan untuk hasil belajar diperoleh Zhitung = 4,72 > Ztabel = 1,64 pada taraf signifikan () = 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh kuis di awal pada model discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMA Angkasa Maros pada materi larutan penyangga.

ABSTRACK
This study aims to determine the effect of the quiz at the beginning of the Discovery Learning model on the motivation and learning outcomes of Angkasa Maros High School students in 2021/2022 on the buffer solution material. The research design is a posttest only control group design to the sample used by random sampling. The population of students in class XI MIA SMA Angkasa Maros which consists of four classes. Sampling was carried out randomly so that class XI MIA 1 was obtained as the experimental group and class XI MIA 3 as the control group which collected 24 people each. Data was collected by presenting motivation questionnaires and learning outcomes tests for the experimental group and the control group. Data analysis was performed using descriptive statistics and inferential statistics. Hypothesis testing using Mann-Whitney, for learning motivation obtained Zcount = 1.90 > Ztable = 1.64 at a significant level () = 0.05. Meanwhile, for learning outcomes Zcount = 4.72 > Ztable = 1.64 at a significant level () = 0.05. Based on these data, it can be obtained that there is an effect of quizzes at the beginning of the discovery model learning on the motivation and learning outcomes of students in class XI MIA SMA Angkasa Maros on the buffer material.

Keywords


kuis di awal, discovery learning, motivasi belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad, H., Abdul L., Ahmad A. Y. 2021. Media Quizizz Sebagai Aplikasi Assesment Pembelajaran. Makassar: PT. Nas Media Indonesia.

Alfitry, S. 2020. Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran. Bogor: Guepedia.

Azwar, S. 2003. Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dahar, R.W. 1996. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Darmawan, D., & Wahyudin, D. 2018. Model pembelajaran di sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. 2005. Pembinaan Profesionalisme Tenaga Pengajar (Pengembangan Prefesionalisme Guru). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Depdiknas.

Djamarah, S.B. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hannifah, A.R. 2007. Metode Pembelajaran Ekspositori dengan Pemberian Kuis Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Peserta didik Kelas XI Penjualan Semester 2 SMK negeri Yogyakarta.Skripsi. Jurusan Matematika FKIP Universitas Bengkulu. Bengkulu.

Hamalik, O. 2003. Proses Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdu, G., & Lisa, A. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar Peserta didik Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. No. 1 Vol (12).

Huda, M. 2011. Cooperative Learning : Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Istiana, G.A., Agung N.C.S., & Sukardjo. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga pada Peserta didik Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 4. 2.

Johnson, E.B. 2010. Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung: Mizan Lerning Center (MLC).

Kasdin, S., dkk. 2012. Critical Thinking “Membangun Pemikiran Logis” Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Kurniasih, I., & Sani, B. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Mappeasse, M.Y. 2009. Pengaruh Cara Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (Plc) Peserta didik Kelas III Jurusan Listrik Smk Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek. 1(2)

McGoldrick, Kim, M., & Schuhmann, P.W. 2013. Challenge Quizzes: A Unique Tool for Motivation and Assessment. New Zealand Economics Paper, 47(3): 257-275.

Nurfahraini, Alimin, & Muharram. 2020. Pengaruh Pemberian Kuis di Awal Pembelajaran pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Gowa (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga). Jurnal Chemica. 21(2)

Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 103 Tahun 2014 pasal 2 ayat 7 dan 8 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Sani, A.R. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setyanta, B.A., & Enny, M. 2012. Pengaruh Pemberian Kuis terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik SMP Kanisius Kalasan Tahun Pelajaran 2012/2013 pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar. ISBN : 978-979-16353-8-7.

Side, S., Taty, S., & Radsanjani, S. 2017. Pengaruh Pemberian Kuis di Awal Pembelajaran pada Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Parepare (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia). Jurnal Chemica. 18(1)

Slameto. (2013). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sutardi, dkk. 2013. Peningkatan Minta dan Hasil Belajar Peserta didik dengan Metode Pemberian Quiz Team “Think Fast Do Best” pada Materi Reaksi Oksidasi-Reduksi di Kelas X MAN Model Singkawang. Jurnal Sains dan Tekhnologi. 4(2)

Syah, M. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ti’rinnia. 2004. Perbedaan Hasil Belajar Kimia antara yang Diberi Kuis Beberapa Kali dan Satu Kali Peserta didik Kelas II SMA Negeri Bontonompo. Skripsi. Jurusan Kimia FMIPA UNM: Makassar.

Uno, H.B. 2017. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Wisudawati, A.W., & Eka, S. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusrafiddin, 1999. Penilaian dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract view : 76 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats