Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 7 Mallawa (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i3.37769
Abstract
Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIA SMAN 7 Mallawa tahun pelajaran 2021/2022 pada materi pokok larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasinya adalah peserta didik kelas XI MIA SMAN 7 Mallawa yang terdiri atas dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling dan tepilih kelas XI MIA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIA 1 sebagai kelompok kontrol Variabel bebasnya adalah model pembelajaran Problem Based learning (PBL) dan model pembelajaran konvensional. Variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis peserta didik. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian posttest. Tes tersebut dibuat berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis dan dinyatakan valid. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik kelompok eksperimen yaitu 69,53 lebih tinggi dari kelompok kontrol yaitu 63,68. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney dengan α = 0,05 dan diperoleh Zhitung > Ztabel (8,32 > 1,64 ) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIA SMAN 7 Mallawa pada materi pokok larutan penyangga.
ABSTRACT
The research was quasi-experimental which aimed to determine the effect of the Problem Based Learning (PBL) model toward the critical thinking skills of class XI MIA SMAN 7 Mallawa in academic year 2021/2022 on the subject matter of buffer solutions. The research design used was a posttest only control group design. The population were students of classes XI MIA SMAN 7 Mallawa which consists of two classes. Sampling was done by random sampling and selected class XI MIA 2 as the experimental group and class XI MIA 1 as the control group. The independent variables were the Problem Based learning (PBL) model and the conventional learning model. The dependent variable is the critical thinking skills of students. Data collection was done by giving a posttest. The test was made based on indicators of critical thinking skills and was declared valid. The data obtained were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. The results of descriptive statistical analysis showed that the average value of critical thinking skills of students in the experimental group was 69.53, which was higher than the control group, which was 63.68. The results of hypothesis testing using the Mann-Whitney test with α = 0.05 obtained Zcalculated > Ztable (8.32 > 1.64 ) so it can be concluded that there is an effect of Problem Based Learning (PBL)
model toward the critical thinking skills of class XI MIA SMAN 7 Mallawa on the subject matter of buffer solution.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darwati, IGA Mas dan I Made Purana. 2021. Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra. Vol.12 No.1
Ennis, Robert H. (1996). Critical Thinking. New Jersey: Prentice Hall
Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis : Sebuah Pengantar. Jakarta : Erlangga.
Jufriana, Yesi dan Lisa Utami. 2016. Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thingking Skill (HOTS) di Sekolah Dasar. Conference Series Journal. Vol.1 No.1
Permendikbud Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013. Jakarta : Penulis
Sadia, I Wayan. (2014). Model-model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Subana, dkk. (2000). Statistik Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta
Article Metrics
Abstract view : 35 times | PDF view : 6 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.