Pengaruh Media Pembelajaran Prezi pada Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 6 Balikpapan (Studi pada Materi Pokok Reaksi Reduksi dan Oksidasi)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i2.37564
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Prezi pada Model Problem Based Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 6 Balikpapan pada materi pokok reaksi reduksi oksidasi. Hasil analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata minat belajar kelompok eksperimen 85,63 lebih tinggi dari kelompok control 80,91. Data minat belajar peserta didik menunjukkan bahwa data kelompok eksperimen dan kontrol berasal dari populasi yang homogen dan terdistribusi normal sehingga uji hipotesis yang digunakan adalah uji parametrik (uji-t dua sampel independen). Diperoleh pula rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 82,75 lebih tinggi dari kelompok kontrol yaitu 70,12. Hasil analisis statistik inferensial terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa data kelompok eksperimen dan kontrol berasal dari populasi yang homogen tetapi tidak terdistribusi normal sehingga uji hipotesis yang digunakan adalah uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media prezi pada model problem based learning terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 6 Balikpapan studi pada materi pokok reaksi reduksi oksidasi.
ABSTRACT
This research is a quasi-experimental study that aims to determine the effect of Prezi Media on Problem Based Learning Models on the Interests and Learning Outcomes of Class X MIA Students of SMA Negeri 6 Balikpapan on the subject matter of oxidation reduction reactions. The results of statistical analysis obtained that the average learning interest of the experimental group was 85.63 which was higher than the control group was 80.91. The students' learning interest data showed that the experimental and control group data came from homogeneous and normally distributed populations so that the hypothesis test used was parametric test (two independent sample t-test) with = 0.05. The experimental group's average learning outcome was 82.75, which was higher than the control group, which was 70.12. The results of inferential statistical analysis on student learning outcomes showed that the experimental and control group data came from a homogeneous population but not normally distributed so that the hypothesis test used was the Mann-Whitney Based on the results of the analysis, it can be concluded that there is an influence of Prezi media on the problem based learning model on the interest and learning outcomes of students of class X MIA SMA Negeri 6 Balikpapan studying the subject matter of oxidation reduction reactions.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditio dan Nur Mei. 2014. Penerapan Metode Course Review Horay Berbantu Media Prezi dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X AK 2 SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014. Thesis. Yogyakarta: UNY Respository
Alviyaturrohmah, Saluky, Arif Muchyidin. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dengan Software Prezi terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. Itej (Information Technology Engineering Journals). Pissn: 2548-2130.
Astri, Dwi Maya. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Prezi terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV UPTD SDN 12 Tanah Tinggi. Jurnal Handayam. P-Issn : 2355-1739.
Cynthia, P. 2017. Keefektivan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol. 1.
Danial, M., Rano, F.Y., & Herawati, N. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Berbasis Masalah pada Materi Larutan Asam dan Basa. Chemistry Education Review. 5(2), 129- 139.
Dewi, Kharisma Puspita dan Lyna Latifah. 2016. Efektivitas Metode Problem Posing Berbantuan Media Prezi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Jurnal Penyesuaian. Economic Education Analysis Journal. Vol 5(1).
Fauzan, M., Gani, A., dan Syukri, M. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5(1).
Fauzan. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya
Febrianto, Muh.Rais dan Nurmila. 2017. Analisis Penerapan Media Pembelajaran Prezi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TPHP pada Mata Pelajaran Pengendalian Mutu dalam Proses Pengolahan di SMK Negeri 3 Takalar. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. Vol.4
Ikram, Ahmad Fadli Zil, dan Rina Elvia Dewi Handayani. 2021. Pengaruh Pemanfaatan Media Presentasi Online Prezi pada Materi Konsep Mol terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 9 Bengkulu Utara). Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia. Vol. 5 No. 1.
Karo-Karo, Irsan R., & Rohani. 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Axiom. 7(1).
Khusna, M., Sudaryanto dan Dede Dian. 2020. Penerapan Model Problem-Based Learning Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Banjaran. Pendidikan Profesi Guru. Banjaran: Universitas Ahmad Dahlan
Muslim, I., Halim, A. & Safitri, R. 2015. Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir
Kritis Siswa pada Konsep Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA Negeri Unggul Harapan Persada. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2).
Rais, Muh. 2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Presentasi Berbasis Prezi dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Mengingat Konsep. Jurnal Mekom, 2(1).
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Salempa, P., Subhan & Danial, M. 2018. Pengaruh Media Animasi Dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (Cer). 1(2).
Sanjaya, W. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Sholikhatun, Isna. 2019. Perbedaan Pengaruh Penggunaan Aplikasi Prezi dan Powerpoint Sebagai Media Pembelajaran Korespondensi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Susilo, A.B, Wiyanto, dan Supartono. 2012. Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Siswa SMP. Unnes Science Education Journal. Vol. 1.No.1.
Syaiful, Mardiansyah, Et.Al. (2017). Pengaruh Media Presentasi Prezi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah. Unila Journal. Vol. 5 No. 2.
Article Metrics
Abstract view : 83 times | PDF view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.