Keefektifan Media Flipbook pada Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Sidrap (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i2.36625
Abstract
Media flipbook merupakan buku elektronik yang dijadikan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. Karakteristik yang dimiliki media ini yaitu menampilkan efek transisi dan dapat menyisipkan objek audiovisual. Media flipbook digunakan pada tahap orientasi sebagai stimulus dan tahap pengumpulan data untuk mencari informasi dalam model inkuiri terbimbing. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan media flipbook pada model inkuiri terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 7 Sidrap pada materi pokok larutan penyangga. Subjek penelitian adalah kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 25 peserta didik. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi dan angket. Data tersebut dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan hasil belajar dengan rata-rata 33,58 sebelum perlakuan menjadi 77,90 dengan rata-rata gain ternormalisasi 0,66 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flipbook pada model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 7 Sidrap pada materi pokok larutan penyangga.
ABSTRACT
The flipbook media is an electronic book that used as teaching material in leraning. The characteristics of this media are that can displays transition effects and insert audiovisual objects. Flipbook media is used at the orientation stage as a stimulus and at the data collection stage to find information in guided inquiry model.This research is descriptive research which aims to find how high the effectiveness of the flipbook media on the guided inquiry model in improving the students’ learning outcomes of class XI MIPA 1 SMA Negeri 7 Sidrap on the buffer solution material subject. The subject of this research is class XI MIPA 1 which consists of 25 students. Data collection was carried out using learning outcomes tests, observation sheets, and quistionnaire. The data were analyzed using descriptive statistics. The results of descriptive analysis showed learning outcomes with an average of 33.58 before treatment to 77.90 with an average normalized gain of 0.66 which was in the medium category. Based on these data, it can be concluded that the use of flipbook media in the guided inquiry learning model is effective in improving the learning outcomes of students in class XI MIPA 1 SMA Negeri 7 Sidrap on the buffer solutions material subject.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amral. 2020. Penerapan Everyone is A Teacher Here (ETH) melalui Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Guepedia.
Assriyanto, K., Sukardjo, J., & Saputro, S. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Metode Eksperimen Dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di Sma N 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 3(3), 89-97.
Khuluqo, I. E., & Istaryatiningtias. 2022. Modul Pembelajaran Manajemen Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Feniks Muda Sejahtera.
Nazeri. 2013. Penggunaan e-Flipbook dalam Topik Elektrik dan Elektronik: Inovasi dalam Pengajaran Reka Bentuk dan Teknologi PISMP RBT. Prosiding Seminar Penyelidikan IPG Zon Timur. 1(1).
Prihatiningtyas, S., & Fatikhatun, N. S. 2020. Physics Learning by E-Module. Jombang: Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
Rasiman. 2014. Efektivitas Resource-Based Learning Berbantuan Flip Book Maker dalam Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal Karya Pendidikan Matematika , 1(2), 34-41.
Sanjiwani, M. I. W. & Sudiana. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Kimia pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 2 Banjar. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha. 2(2), 75-82.
Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Searmadi, B. P., & Rina, H. 2016. Penerapan Inovasi Flipbook sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengenalan PHP Kelas XI RPL di SMK Negeri 2. Jurnal IT-Edu, 1(2), 42-48.
Simatupang, N. I., & Elferida, S. 2020. The effectiveness of using flipbook maker to improve the chemistry learning outcomes of senior high school students. Jurnal Pendidikan Kimia, 12(1), 26-33.
Sudirman. 2019. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Bahan Ajar Kvisoft Flipbook Maker Terhadap Minat Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(19).
Article Metrics
Abstract view : 71 times | PDF view : 4 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.