Pengaruh Pendekatan Flipped Classroom pada Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing secara Daring terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 4 Takalar (Studi pada Materi Pokok Koloid)

Sri Nurfadillah Ningsih(1), Muhammad Anwar(2*), Pince Salempa(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i3.28904

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan flipped classroom pada model pembelajaran inkuiri terbimbing secara daring terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 4 Takalar pada materi koloid. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 4 Takalar yang terdiri dari enam kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling dan terambil kelas XI MIA 6 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIA 1 sebagai kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 36 Peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes akhir hasil belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data penelitian ini di analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deksriptif diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 81,75 dengan standar deviasi 11,35 dan rata- rata kelompok kontrol yaitu 77,28 dengan standar deviasi 13,33. Hasil di analisis secara statistik inferensial terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa data kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berasal dari populasi yang homogen tetapi tidak terdistribusi normal sehingga uji hipotesis yang digunakan adalah uji non-parametrik Mann-Whitney dengan α = 0,05. Hasil uji diperoleh Zhitung > Ztabel (2,00 > 1,65). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan flipped classroom pada model pembelajaran inkuiri terbimbing secara daring terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 4 Takalar pada materi koloid.

ABSTRACT
This is a quasi experiment research that aimed to know effect of the Flipped Classroom approach of online guided inquiry learning model on learning outcomes of student in class XI MIA SMA Negeri 4 Takalar on colloid subject matter. The research design was posttest only control group design. The population of this research was student in class XI MIA SMA Negeri 4 Takalar that consist of six classes. Sampling technique was conducted by random sampling that the class XI MIPA 6 as an experimental group and class XI MIPA 1 as a control group consisting of 36 student respectively. The Data collection was carried out by giving a final test of learning outcomes in the experimental group and control group. This research analyzed descriptive and inferential statictical. The results of descriptive analysis showed that, the average of the learning outcomes of the experimental group was 81,75 with standard deviation 11,35 and the average of control group was 77,28 with standard deviation 13,33. The results of the inferential statictical
analysis of the students learning outcomes showed that data on the experimental and the control group were homogeneous but not normally distributed so hypotesis testing using non-parametric test by Mann-Whitney with α = 0,05. The result of this lest is obtained Zcount > Ztable (2,00 > 1,65). Therefore, it can be concluded that the flipped classroom approach of online guided inquiry learning model has a effect on the learning outcomes of student in class XI MIA SMA Negeri 4 Takalar on colloid as a subject matter

Keywords


Flipped classroom, inkuiri terbimbing, hasil belajar, pembelajaran daring.tcomes, Online Learning

Full Text:

PDF

References


Anjuni, Nadya. 2020. Model Project-Based Learning dengan Pendekatan Flipped Classroom untuk Melatih Literasi Ilmiah dan Hasil Belajar Pengetahuan Peserta Didik pada Materi Elektrolit dan Non Elektrolit Menggunakan Sumber Belajar Lingkungan Lahan Basah. Chemistry Education Review. Volume 3, Nomor 1.

At-Tabani., Trianto, I., Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia.

Bhuiyan, T., & Mahmud, I. 2015. Flip Classroom: An Innovative Way of Teaching to Exel Learning. Nashville: Vanderbilt University.

Cornier, C dan Voisard, B. 2018. Flipped Classroom In Organic Chemistry Has Significant Effect On Student’s Grades. Canada: Frontiers In ICT.

Farida, Ratna., Amru, Alba., Rudi, Kurniawan., Zamzami, Zainuddin. 2019. Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Taksonomi Bloom pada Mata Kuliah Sistem Politik Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan. ISSN: 2622-4283.

Handayani, L. 2020. Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Peserta didik SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy. 7(3)

Hidayati, Nadya, Leny, Rilia, Iriani. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Based Learning dengan Pendekatan Flipped Classroom terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Kesetimbangan Ion dalam Larutan Garam. The Innovation of Chemistry Education. ISBN: 978-602-60306-5-8.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Knutas, Antti, Herala, A.,Vanhala, E,. Inkonen, J. 2016. The Flipped Classroom Method: Lessons Learned from Flipping Two Programming Courses. Proceedings of the 17th International Conference on Computer Systems and Technologies 2016. Skinnarilankatu: Lappeeranta University of Technology

Kurnia, F., Zulherman, Fathurohman, A. 2014. Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1(1).

Love, B., Hodgie, A., Corritore, C., Ernst, D. C. 2015. Inquiry-Based Learning and the Flipped Classroom. PRIMUS, 745-762

Milman, Natalie B. 2012. The Flipped Classroom Strategy What is it and can it best be used. Journal Internasional. 9(3).

Nurhayati, Rini, S.B Waluya, T.S Noor Asih. 2019. Model Pembelajaran Inkuiri Blended Learning Pendekatan Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis. Seminar Nasional Pascasarjana. ISSN: 2686-6404

Paristiowati, M. Fitriani, E. Hanifah, N.A. 2017. The Effect of Inquiry-Flipped Classroom Model Toward Students’ Achievement on Chemical Reaction Rate. AIP Conference Proceedings 1868, doi: 10.1063/1.4995105

Rizai, M. M. Kartono. Rochmad. 2018. An Ability of Mathematical Representation and Independence of Student Learning in Reciprocal Teaching with Resitation and Self Assesment. Unnes Journal of Matematics Education Research. 7(2).

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari, Juniandini. 2020. Pengaruh Pendekatan Flipped Classroom terhadap Hasil belajar Peserta Didik. Tesis. Jambi: Sultha Jambi.

Yulierti, F. Mulyoto. Agung, L. 2015. Mpdel Flipped Classroom dan Discovery Learning Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Tecnodika. 13(2).


Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats