Efektivitas Pembelajaran Daring dengan Model Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA MA GUPPI Buntu Barana Kab.Enrekang (Pada Materi Pokok Larutan Penyangga)

Husnayaini Arham(1), Netti Herawati(2*), Alimin Alimin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i1.28396

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi keefektifan model Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) secara daring terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA MA GUPPI Buntu Barana kab.Enrekang pada materi pokok larutan penyangga. Desain Penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah Kelas XI IPA sebagai kelas ekperimen yang jumlah peserta didik sebanyak 26 orang. Penelitian ini dilaksanakan selama lima kali pertemuan, yang terdiri dari satu kali pelaksanaan pretest, tiga kali proses pembelajaran dan satu kali pelaksanaan posttest. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen hasil belajar peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian pretest-posttest. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan normalized-gain. Hasil analisis deskriptif diperoleh persentase hasil belajar peserta didik sebelum dilakukan perlakuan sebesar 7,69% dan setelah diberi perlakuan sebesar 80,76% artinya terdapat 21 orang peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM dari 26 orang peserta didik secara keseluruhan. Dan nilai rata-rata N-Gain 0,515 dengan kategori sedang. Hal ini dapat disimpulkan bahwa, keefektifan Model Kooperatif Tipe NHT secara daring berada pada kategori sedang terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA MA GUPPI Buntu Barana kab.Enrekang pada materi pokok larutan.

ABSTRACT
This study is a descriptive study that aims to determine how high the effectiveness of the online Cooperative type NHT (Numbered Head Together) model on improving the learning outcomes of students in class XI IPA MA GUPPI Buntu Barana kab. Enrekang on the subject matter of buffer solution. The research design used is One Group Pretest Posttest Design. The subjects in this study were Class XI IPA as an experimental class with 26 students. This research was carried out for five meetings, consisting of one pretest, three learning processes and one posttest. Data retrieval is done by using the instrument of student learning outcomes. Data was collected by giving pretest-posttest. This study uses descriptive statistical analysis and normalized-gain. The results of the descriptive analysis showed that the percentage of student learning outcomes before treatment was 7.69% and after being treated was 80.76%, meaning that there were 21 students who scored above the KKM from 26 students overall. And the average value of N-Gain is 0.515 in the medium category. It can be concluded that the effectiveness of the online NHT Cooperative Model is in the moderate category towards improving student learning outcomes in class XI IPA MA GUPPI Buntu Barana, Enrekang district on the subject matter of solution.

Keywords


Efektivitas, kooperatif tipe NHT, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdullah. Ramli, 2017. Pengaruh Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Jiksaw pada Materi Pembelajaran kimia di Madrasah Aliyah, Lantamido Jurnal, Vol.5,No.1

Budiarti.Ria, Apriani Suluk Parubak, Christina niken Larasati.2018, Penerapan Model Number Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga di kelas XI IPA 1 SMA YPK Oikoumere Monokwari, Chemistry Education Jurnal. pISSN 2615-627X. eISSN 2615-6288

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah, Yogyakarta: Gava Media

Febliyanti, Rezha, Vanny M.A, Tiwow dan Siang Tandi Gonggo, 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Negeri 1 Dolo pada Materi Pelajaran Kimia Koloid, J. Akad. Kim, Vol.3, No.2

Karyadi. (2012). Keefektifan metode pembelajaran numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan. Economic Education Analasis Jounal, 1 (1), 1-6.

Lago, R.G.M., & Nawang, A.A. (2007). Influence of Cooperative Learning on Chemistry Students’ Achievement, Self-Efficacy and Attitude. Liceo Journal of Higher Education Research, 5 (1)

Marsita, R. A., Priatmoko, S., & Kusuma, E. 2009. “Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA dalam Memahami Materi Larutan Penyangga dengan Menggunakan Two – Tier Multiple Choice Diagnostic Instrumen”.Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 4 (1)

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2).

Purwandhi, 2019. Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa, Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan, Vol.4, No.1

Sanjiwani. Nli, Muderwan IW, Sudiana IK, 2018. Analisis Kesuliitan Belajar Kimia Pada Materi Larutan Penyangga di SMMA Negeri 2 Banjar, Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, Vol.2, No.2


Article Metrics

Abstract view : 8 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats