Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Secara Daring Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Toraja Utara (Studi pada Materi Pokok Reaksi Reduksi Oksidasi)

Eda Silambi`(1*), Muh. Yunus(2), Muharram Muharram(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v5i1.27772

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran quizizz pada model pembelajaran berbasis masalah secara daring terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 3 Toraja Utara pada materi pokok reaksi reduksi oksidasi. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMAN 3 Toraja Utara yang terdiri dari tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah peserta didik 34 orang dan kelas X MIPA 5 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik 31 orang. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata untuk kelompok eksperimen sebesar 75,05 dan kelompok kontrol sebesar 70,75. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh Zhitung= 2,45 pada taraf signifikan =0,05 diperoleh Ztabel = 1,64. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran quizizz pada model pembelajaran berbasis masalah secara daring terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 3 Toraja Utara pada materi pokok reaksi reduksi oksidasi.

Keywords


Quizizz, model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Aini, I. Y. 2019. Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Bengkulu. Jurnal Kependidikan. Vol 2, No. 25.

Albeta, S. W., Nofianti., & Rahmadani, S. 2020. Peran Turnamen Berbasis ICT dengan Aplikasi Quizizz terhadap Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau. 5(1), 11-15.

Dityaningsih, D., Arlin, A & Viarti, E. 2020. Pengaruh Game Edukasi Quizizz Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. ISSN: 2745-6080.

Fadly, R.D., Taty S., & Sumiati, S. 2020. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz pada Model Pembelajaran KooperatifTipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 1 Gowa (Studi Materi Pokok Larutan Penyangga). Jurnal Chemica. 21(1), 100-108.

Hamdayama, J. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Irwan, L., Lutfi, Z.F. & Waldi, A. 2019. Efektivitas Pengunaan Kahoot! Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan. 8(1), 95.

Mawaddah, A. W.A., dkk. 2021. Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU. 5(1), 3109-3116.

Noor, S. 2020. Pengunaan Quizizz dalam Penilaian Pembelajaran pada Materi Ruang Lingkup Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati. 6(1), 1-7.

Zhao, F. (2019). Using Quizizz to Integrate Fun Multiplayer Activity in the Accounting Classroom. International Journal of Higher Education. 8(1), 37-4


Article Metrics

Abstract view : 14 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats