Pengaruh Media Word Search Puzzle melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar dan Sikap Kimia Siswa Kelas X SMAN 1 Tanete Rilau (Studi pada Materi Pokok Hidrokarbon)

Musawwir Usman(1*), Iwan Dini(2), Ramlawati Ramlawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v2i3.26618

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode quasy experiment yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif media word search puzzle (WSP) pada model pembelajaran kooperatif talking stick terhadap hasil belajar dan sikap kimia siswa kelas x SMAN 1 Tanete Rilau tahun pelajaran 2015/2016 pada materi pokok hidrokarbon. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Tanete Rilau yang terdiri dari tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 26 siswa. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan media WSP pada model pembelajaran kooperatif tipe talking stick sedangkan kelas kontrol diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick tanpa menggunakan medi WSP. Variabel bebas pada penelitian ini adalah media WSP dan variabel terikatnya adalah hasil belajar dan sikap kimia siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar dan pengisian angket sikap kepada siswa pada awal dan akhir pembelajaran. Hasil analisis prasyarat statistik inferensial menunjukkan bahwa data tidak terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji non-parametrik dengan menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh Zhitung > Ztabel atau 1,995 > 1,64 untuk hasil belajar sedangkan untuk sikap kimia siswa diperoleh Zhitung < Ztabel atau 0,714 < 1,64 sehingga dapat disimpulkan bahwa media WSP pada model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Tanete Rilau pada materi pokok hidrokarbon, namun tidak berpengaruh positif terhadap sikap kimia siswa.

Keywords


word search puzzle, talking stick, hasil belajar, sikap kimia siswa.

Full Text:

PDF

References


Bennett, J., Rollnick, M., Green, G., & White, M. (2001). The development and use of an instrument to assess students' attitude to the study of chemistry. International Journal of Science Education, 23(8), 833–8.

Salta, K., & Tzougraki, C. (2004). Attitudes toward chemistry among 11th grade students in high schools in Greece. Science Education, 88, 535–547.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Vossoughi, Hossein dan Marzieh Zargar. 2009. Using Word-Search-Puzzle Games for Improving Vocabulary Knowledge of Iranian EFL Learners. Journal of Teaching English as a Foreign Language and Literature. Vol. 1 No. 1 Page 79-85. North Tehran Branch: Islamic Azad Univercity.


Article Metrics

Abstract view : 281 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats