Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA 5 SMAN 1 Enrekang

Ade Fitria(1*), Maryono Maryono(2), Sugiarti Sugiarti(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemedu.v2i3.26612

Abstract


Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan langkah - langkah model pembelajaran NHT untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI MIA 5 SMA Negeri 1 Enrekang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI MIA 5 SMA Negeri 1 Enrekang yang terdiri dari 6 fase yaitu: (1) fase pendahuluan dengan memberikan apersepsi mengenai materi, indikator dan tujuan pembelajaran, (2) fase penomoran (numbering) dengan membagi peserta didik dalam beberapa kelompok secara heterogen dan member nomor kepada peserta didik dalam tiap kelompok berdasarkan kemampuan akademiknya, (3) fase pengajuan pertanyaan (Questioning), pada fase ini guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai materi yang belum dimengerti, (4) fase berpikir bersama (Heads Together), pada fase ini guru mendampingi dan membimbing peserta didik dalam kerja kelompok dan menyelesaikan LKPD lalu peserta didik menyatukan pendapatnya terhadap soal LKPD yang telah dikerjakan dan memastikan bahwa setiap anggota kelompok mengetahui jawaban dari pertanyaan yang diberikan, (5), fase menjawab (Answering), pada fase ini guru menunjuk peserta didik dari masing-masing kelompok berdasarkan nomor kepalanya untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya, dan (6) fase penghargaan dengan memberikan pujian dan hadiah bagi kelompok terbaik. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 1 Enrekang.

Keywords


Kooperatif, NHT, Hasil Belajar, Larutan Asam-Basa

Full Text:

PDF

References


Qonitah, dkk. 2013. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tgt (Teams Games Tournament) Dengan Permainan Word Square Dan Crossword Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Memori Siswa Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur Kelas X Sma Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 2 No. 2. Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.

Trianto. 2012. Mendesai Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 119 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


website statistics View My Stats