Peningkatan Keaktifan Belajar Fisika Peserta Didik melalui Penerapan Model Problem Based Learning
(1) MAU Amanatul Ummah Surabaya
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMA Negeri 9 Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/cse.v3i2.72524
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik. Widya Accarya, 12(1), 61-69.
Erviyanti, Y., Arafah, K., & Nur, A. (2022). Peningkatan Aktivitas Belajar Fisika Kelas Xi Melalui Penerapan Problem Based Learning. JURNAL IPA TERPADU, 6(1), 78-85.
Kolo, E., Nahak, S., & Disnawati, H. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi aritmetika sosial. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 115-122.
Masyithoh, Dewi. 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif model NHT (Numbered Heads Together) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-2 SMA Diponegoro Tulungagung tahun 2007-2008. Skripsi. Tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang.
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muslim, I., Halim, A., & Safitri, R. (2015). Penerapan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep elastisitas dan hukum hooke di SMA Negeri Unggul Harapan Persada. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 3(2), 35-50.
Putri, R. F., & Jumadi, J. (2017). Kemampuan guru fisika dalam menerapkan model-model pembelajaran pada Kurikulum 2013 serta kendala-kendala yang dihadapi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 201-211.
Rahayu, R. D., & Prayitno, E. (2020). Minat dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran berbasis problem based learning berbantuan media video. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(1), 69-80.
Raziqin, K. (2020). Identifikasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika di MAS Lamno (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).
Samudra, G. B., Suastra, I. W., & Suma, K. (2014). Permasalahan-permasalahan yang dihadapi siswa SMA di kota singaraja dalam mempelajari fisika. Jurnal pendidikan dan pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Santie, Irma Damay. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas vii SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi. Tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang.
Sari, Nurvita. 2008. Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Malang Semester Gasal Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi. Tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang.
Sofiani, E. (2011). Pengaruh model inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep listrik dinamis.
Sujarwanto, Dwi. 2007. Penerapan Pembelajaran Realistik untuk Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Matematika. Skripsi. Tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang.
Sundari, F. S., Sukmanasa, E., Novita, L., & Mulyawati, Y. (2020). Keterampilan dasar mengajar. Bogor: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan.
Supardi, S. U., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1).
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher
Utami, R. A., & Giarti, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. PeTeKa, 3(1), 1-8.
Winkel, S. 1989. Psikologi Pengajaran. Jakarta. PT. Gramedia. Wiriaatmadja, Rochiati. 2007. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Article Metrics
Abstract view : 4 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Yuni Erviyanti, Kaharuddin Arafah, Anis Nur
Email: cse@unm.ac.id
Indexed by:
CSE: Celebes Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.